Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Rombongan Kankemenag Aceh Utara Takziah ke Rumah Alm Abu Tumin

283
×

Rombongan Kankemenag Aceh Utara Takziah ke Rumah Alm Abu Tumin

Sebarkan artikel ini
Rombongan dari Kanwil Kemenag Aceh dan Kankemenag Aceh Utara terlihat bertakziah ke kediaman Almarhum Abu Tumin di Dayah Al Madinatuddiniyah Babussalam Blang Bladeh, Kecamatan Jeumpa, Bireuen, Sabtu (1/10/2022).

Bireuen, AcehGlobalnews.com — Kepala Kankemenag Aceh Utara, Drs H.Maiyusri, M.Ag beserta jajarannya bertakziah ke rumah ulama kharismatik Aceh, Almarhum Tgk H Muhammad Amin Mahmud atau yang akrab dipanggil Abu Tumin, di Dayah Al Madinatuddiniyah Babussalam Blang Bladeh, Kecamatan Jeumpa, Bireuen, Sabtu (1/10/2022).

Dalam takziah itu, rombongan Kankemenag Aceh Utara bergabung dengan rombongan Kepala Kanwil Kemenag Aceh Dr. H.Iqbal, M.Ag dan para Kepala Kankemenag Kabupaten/Kota, serta para pejabat dilingkungan Kemenag Aceh.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Setiba di kediaman Almarhum Abu Tumin Blang Bladeh, rombongan takziah dari Kankemenag Aceh dan Aceh Utara ini disambut oleh beberapa Waled dan Guru Dayah, salah satunya Abi Daud Hasbi.

Di hari ke empat setelah wafatnya Almarhum Abu Tumin, kediamannya terlihat masih ramai dikunjungi para takziah, baik dari masyarakat di kabupaten Bireuen maupun luar daerah.

Kepala Kankemenag Aceh Utara, H Maiyusri di sela-sela kunjungan takziah tersebut mengatakan, bahwa rakyat Aceh kembali kehilangan ulama besar dan panutan bagi masyarakat Serambi Mekkah.

Baca Juga :   Terima Kunjungan ISSI, Gubernur Aceh Dukung Event Internasional Tour de Sabang

“Sebagai masyarakat Aceh kita sangat merasa kehilangan dengan meninggalnya Abu Tumin. Abu sangat penting bagi masyarakat Aceh. Kontribusinya juga sangat luar biasa, selain sebagai sumber ilmu agama, Almarhum juga sebagai pemikir untuk kemajuan peradaban Aceh saat ini,” ujar H. Maiyusri.

Oleh sebab itu, sambungnya, jasa-jasa tersebut tidak boleh lekang dari ingatan masyarakat Aceh. Seraya, mengajak untuk berdoa dan bertafakur kepada Allah SWT agar ulama kecintaan rakyat Aceh ini diberikan tempat yang terbaik di sisi-Nya.

Baca Juga :   DPC PDI Perjuangan Aceh Utara Gelar Rapat Konsolidasi dan Buka Puasa Bersama

“Untuk keluarga yang ditinggal mari kita doakan agar diberikan kesabaran, ketabahan dan juga kita berharap Dayah yang sudah dirintisnya agar terus berlanjut sebagai lembaga pendidikan agama bagi masyarakat Aceh di masa akan datang,” tutur H. Maiyusri yang pernah menjabat sebagai Kakankemenag Bireuen itu. (*)