Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Internasional

Suhu Panas Landa Asia, Sangking Panas Aspal Meleleh di India

1861
×

Suhu Panas Landa Asia, Sangking Panas Aspal Meleleh di India

Sebarkan artikel ini
Cuaca Ekstrem Landa Asia, Bangladesh Tembus 51 Derajat Hingga Aspal India Meleleh. | (Sumber : Video Tangkapan Layar/@Times of India.)

ACEHGLOBALNEWS – Cuaca yang sangat panas terjadi di beberapa daerah di Indonesia dan di beberapa negara lain seperti Bangladesh, Myanmar, India, China, Thailand, dan Laos.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyatakan bahwa ini bukan disebabkan oleh gelombang panas. Namun, analisis menunjukkan bahwa suhu udara di negara-negara tersebut naik hingga lebih dari 40 derajat Celsius.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Sebuah video viral di media sosial yang memperlihatkan aspal jalanan meleleh di Surat, India. Banyak kendaraan mengalami masalah dan bahkan sepeda motor terjebak di lelehan aspal tersebut.

Baca Juga :   Pj Bupati Abdya Ingatkan Anggota PPK Jangan Mudah Tergiur dengan Suap

Video tersebut ditayangkan di laman berita Times of India dan disebarkan ulang oleh akun Twitter @TMIHARINI.

Hingga saat ini, jumlah penonton video itu mencapai 791 ribu lebih, dengan 9,1 ribu netizen membagikan ulang dan 17,4 ribu lebih netizen menyukai video tersebut. Atensi yang didapat dari unggahan Twitter itu mencapai 2,5 juta.

Baca Juga :   Kombes Winardy: Tuduhan YARA Tidak Benar Atas Ditutupnya Penanganan Kasus BBM Ilegal

Kejadian melelehnya aspal di Surat diduga akibat cuaca panas ekstrem yang melanda India. Di negara itu, suhu mencapai lebih dari 40 derajat Celsius dan menyebabkan 11 orang meninggal dunia.

Diberitakan The Indian Express, 11 orang tewas di Mumbai saat menghadiri pertemuan publik besar-besaran di Kharghar, Navi Mumbai.

Sebanyak 20 orang dilarikan ke rumah sakit, 3 di antaranya kritis. Korban kebanyakan mengalami dehidrasi parah karena berdiri di bawah terik matahari yang sangat panas.

Baca Juga :   WHO: Varian Delta adalah Peringatan

Selain India, negara tetangga seperti Thailand dan beberapa negara lain juga mengalami cuaca ekstrem dengan suhu yang sangat tinggi.

Di Thailand, suhu mencapai 45,4 derajat Celsius, Myanmar mencapai 44 derajat Celsius, Laos mencapai 42 derajat Celsius, dan Bangladesh mencapai rekor tertinggi dengan suhu mencapai 51 derajat Celsius. (Okezone).

Editor : Salman

Simak berita dan artikel lainnya di Google News