Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaPendidikan

Tata Tertib SMPN 1 Seunagan Disusun Bersama Orang Tua Murid dan Siswa

1163
×

Tata Tertib SMPN 1 Seunagan Disusun Bersama Orang Tua Murid dan Siswa

Sebarkan artikel ini
Penyusunan Tata Tertib SMPN 1 Seunagan disusun bersama orang tua wali murid dan siswa. Foto: Acehglobal/Muslizar.

SUKA MAKMUE – Pendidikan adalah tanggung jawab bersama antara peserta didik sendiri, orang tua/wali, guru dan seluruh stake holder pendidikan.

Dalam semangat kolaborasi untuk menciptakan lingkungan belajar yang harmonis serta mewujudkan peserta didik yang terampil dan kreatif, sebuah acara penyusunan tata tertib sekolah dilakukan di SMP Negeri 1 Seunagan secara bersama-sama.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Acara tersebut melibatkan Peserta didik, orang tua/wali, dan para guru serta seluruh tenaga kependidikan yang ada di sekolah tersebut.

Dalam acara yang berlangsung penuh semangat kolaborasi dan kekeluargaan tersebut, kepala SMP Negeri 1 Seunagan, Misnan, S.Pd.,M.Si, menyampaikan, pentingnya keterlibatan seluruh Peserta Didik, Orang tua/Wali dan seluruh guru dalam penyusunan tata tertib sekolah, Minggu (23/7/2023).

Baca Juga :   Tim DVI Mabes Polri ke Malang, Percepat Identifikasi dan Pertolongan Korban Tragedi Kanjuruhan

Misnan menekankan, bahwa kerjasama yang erat antara peserta didik, orang tua, dan guru adalah kunci untuk menciptakan lingkungan belajar yang kondusif dan harmonis yang pada akhirnya akan mewujudkan peserta didik yang terampil dan kreatif.

“Keterlibatan Peserta Didik, Orang tua/Wali, dan juga seluruh guru dalam penyusunan tata tertib sekolah sangat penting dan menjadi kunci keberhasilan pembelajaran di sekolah,” tuturnya.

“Mengingat dengan adanya keterlibatan pihak-pihak tersebut dapat memberikan sumbangsih ide dan gagasan sehingga tata tertib sekolah lebih sempurna,” ucap Misnan.

Baca Juga :   Pj Bupati Mahdi Efendi Buka MTQ Ke 36 Kabupaten Aceh Barat

Lanjutnya, yang dapat membantu kelancaran proses pembelajaran dan semua pihak dapat bertanggung jawab untuk melaksanakannya, yang pada akhirnya peserta didik terampil dan kreatif dapat terwujud.

Salah satu guru dan juga wali kelas di kelas 7 SMP Negeri 1 Seunagan, Junia Fitri, S.Pd, menyatakan, penting sekali tata tertib sekolah khususnya bagi siswa, sebab tata tertib ini sebagai kontrak belajar.

“Yang dapat mendorong peserta didik untuk disiplin dan memiliki tanggung jawab dalam proses pembelajaran yang dilaksanakan serta dapat membentuk peserta didik yang berprestasi,” tutur Junia.

Junia menambahkan, tata tertib yang baik membantu menciptakan disiplin diri, yang akan mendukung prestasi akademik dan perkembangan pribadi mereka. Namun, tata tertib ini tidak bisa berhasil tanpa dukungan penuh dari peserta didik itu sendiri orang tua/orang tua dan seluruh dewan guru.

Baca Juga :   8 Trik Meraup Uang Cuma Modal HP dan Internet

Peserta Didik, Orang tua dan wali yang hadir dalam acara itu menyatakan komitmennya untuk mendukung pelaksanaan tata tertib sekolah di SMP Negeri 1 Seunagan.

Hal tersebut ditandai dan dibuktikan dengan penanda tanganan bersama hasil keputusan Tata tertib yang telah disepakati bersama. Penanda tanganan dilakukan di lembar pernyataan dan di spanduk yang telah disiapkan.(*)

Editor: Redaksi