Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Warga Durian Rampak Susoh Antusias Pilih Kepala Dusun

512
×

Warga Durian Rampak Susoh Antusias Pilih Kepala Dusun

Sebarkan artikel ini
Panitia pemilihan Kadus Desa Durian Rampak melakukan perhitungan suara pemilihan Kadus di kantor desa setempat, Jum'at malam Sabtu (10/3/2022).

“Karena kadus ini di SK-kan oleh Keuchik, sehingga dalam bertugas dan bekerja harus bertanggung jawab kepada Keuchik sesuai visi misi Keuchik,” tegas Suhaimi.

BLANGPIDIE – Ratusan warga dusun I (Flamboyan) Desa Durian Rampak, Kecamatan Susoh, Aceh Barat Daya (Abdya) antusias memilih Kepala Dusun (Kadus) di desa setempat.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kegiatan pemilihan kadus ini dipusatkan di Kantor Kantor Desa Durian Rampak, Jum’at malam (10/3/2023).

Turut hadir Imum Mukim Durian Rampak Tgk Syamsuar, Keuchik Suhaimi, Sekdes, Tuha Peut, Ketua Pemuda, dan sejumlah Tokoh Masyarakat.

Menurut Keuchik Gampong Durian Rampak, Suhaimi pemilihan Kadus sengaja dilakukan secara demokratis dimana setiap warga dapat memilih langsung Kadus mereka.

“Pemilihan kadus ini sebagai wujud demokrasi masyarakat sehingga bisa memilih sendiri calon kadus mereka secara langsung, umum, bebas dan rahasia,” ujar Suhaimi.

Ia mengatakan pemilihan kadus di desa Durian Rampak dilaksanakan selama tiga malam, yaitu pada malam ini Dusun Flamboyan (I), malam esok Sabtu malam Minggu (11/3) Dusun Mawar (12/3), dan terakhir Dusun Melati (III) pada Minggu malam Senin (13/3).

“Calon Kadus yang terpilih nanti akan saya SK-kan pada bulan April 2023, jadi untuk bulan Januari sampai Maret masih dijabat oleh Kadus lama,” ungkap Suhaimi.

Menurutnya, meskipun Kadus dipilih langsung oleh masyarakat, namun jika suatu saat tidak bisa diajak kerjasama dalam pemerintahan desa, maka tidak tertutup kemungkinan bisa diberhentikan.

“Karena kadus ini di SK-kan oleh Keuchik, sehingga dalam bertugas dan bekerja harus bertanggung jawab kepada Keuchik sesuai visi misi Keuchik,” tegas Suhaimi.

Suhaimi berharap kegiatan pemilihan kadus di desa Durian Rampak bisa berjalan dengan baik dan lancar. Seluruh masyarakat yang telah memiliki hak pilih diminta untuk ikut berpartisipasi dalam pemilihan Kadus tersebut.

“Alhamdulillah malam ini perdana pilih Kadus I, masyarakat sangat antusias mendatangi TPS yang telah disediakan di kantor desa,” ucapnya.

Untuk nama-nama calon Kadus yang mendaftar terdiri dari Akmal dan Nazaruddin M Isa (calon Kadus Flamboyan), Rukizah dan Muzardi Munir (calon Kadus Mawar), serta Yusmi Y dan Ikhsan (calon Kadus Melati).

Pada acara pemilihan Kadus Flamboyan, Akmal mendulang suara terbanyak sebanyak 71 suara dan Nazaruddin 46 suara dari total jumlah 117 pemilih. (*)

| EDITOR : REDAKSI

Baca Juga :   Kembangkan PT Arun Jadi Lokasi Penyimpanan Gas, PT PEMA Teken MoU dengan ODIN Reservoir Consultan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *