Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Artikel Islam

Waspada! Kenali Tugas Cucu Iblis dan Taktiknya Menggoda Manusia

123
×

Waspada! Kenali Tugas Cucu Iblis dan Taktiknya Menggoda Manusia

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi - Godaan cucu iblis (Foto: istock)

ACEHGLOBALNEWS — Di balik kisah malaikat dan jin, terdapat sisi lain yang tak kalah menarik untuk ditelusuri, yaitu para cucu Iblis. Makhluk jahat ini diutus ke dunia untuk menggoda manusia dan menjerumuskan manusia ke dalam dosa dengan berbagai taktik.

Dalam berbagai literatur Islam, digambarkan bahwa Iblis memiliki banyak anak dan cucu, masing-masing dengan tugas dan keahlian khusus untuk menggoda manusia.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Artikel ini akan mengupas tuntas tentang cucu Iblis dan tugasnya dalam menjerumuskan manusia. Diharapkan dengan memahami modus operandi mereka, kita dapat lebih waspada dan terhindar dari godaannya.

Siapakah Cucu Iblis?

Cucu Iblis adalah keturunan Iblis yang diciptakan dari api neraka. Mereka memiliki berbagai bentuk dan rupa, dan mampu menjelma menjadi manusia, hewan, bahkan benda mati. Para cucu Iblis ini tersebar di seluruh penjuru dunia, selalu mengintai dan mencari mangsa untuk digoda.

Tugas Utama Cucu Iblis

Tugas utama cucu Iblis adalah menggoda manusia agar berpaling dari Allah SWT. Mereka menggunakan berbagai cara untuk mencapai tujuan ini, seperti:

Baca Juga :   Masyarakat Aceh Diimbau Waspada terhadap Cuaca Ekstrim

1. Bisikan: Cucu Iblis dapat membisikkan pikiran jahat ke dalam hati manusia, seperti keraguan terhadap agama, kesombongan, dan rasa dengki.

2. Penampilan: Mereka dapat menjelma menjadi sosok yang menarik atau menakutkan untuk menarik perhatian manusia dan kemudian menggoda mereka.

3. Perangkap: Cucu Iblis dapat menciptakan berbagai jebakan dan rintangan untuk membuat manusia tersesat dan terjerumus ke dalam dosa.

Beberapa Cucu Iblis dan Tugasnya

Dilansir situs NU Online, seorang pakar tafsir terkemuka, Imam Mujahid sebagaimana dikutip Syekh Abdurrauf al-Manawi menyebutkan bahwa Iblis memiliki keturunan dan prajurit yang terstruktur rapi, mereka bekerja sesuai bidangnya masing-masing.

Berikut adalah beberapa cucu Iblis dan tugasnya:

1. Al-Walhan

Bertugas mengganggu manusia saat berwudhu, mandi, dan beribadah lainnya.

2. Al-Sauth

Berfokus pada penyebaran dusta, berita bohong, dan hoaks.

Baca Juga :   5 Tips Menghafal Ayat Alquran dengan Cepat dan Mudah

3. Al-Dasim

Bertugas merusak keharmonisan rumah tangga manusia.

4. Al-A’war

Bertugas mendorong manusia melakukan tindakan asusila.

5. Al-Syabru

Bertugas menggoda manusia saat ditimpa musibah. Setiap kali manusia mendapatkan cobaan akan dibuatnya galau dan tidak sabar menerimanya.

6. Al-Zalanbur

Al-Zalanbur selalu stand by di pasar-pasar. Cucu Iblis satu ini yang membuat para pebisnis di pasar rentan melakukan tindak penipuan dan kecurangan dalam bertransaksi.

7. Al-Khanzab
Mengganggu manusia saat salat, membuat mereka malas, lalai, dan tidak khusyuk. (Syekh Abdurrauf al-Manawi, Faidl al-Qadir, juz 2, hal. 503).

Masih banyak lagi beberapa tentara Iblis yang bertugas membawa misi besar penyesatan terhadap manusia secara masal.

Menurut satu riwayat, setiap hari Iblis bisa melahirkan anak dengan jumlah besar sesuka dia.

Melindungi Diri dari Godaan Cucu Iblis

Meskipun cucu Iblis memiliki kekuatan besar untuk menggoda, manusia tidak perlu takut. Allah SWT telah memberikan petunjuk dan perlindungan bagi hamba-Nya yang beriman.

Berikut adalah beberapa cara untuk melindungi diri dari godaan cucu Iblis:

Baca Juga :   Shalat Tarawih 8 Rakaat atau 20 Rakaat? Begini Penjelasan Buya Yahya

• Memperkuat iman: Iman yang kuat adalah benteng terbaik untuk melawan godaan. Perbanyaklah ibadah, membaca Al-Quran, dan berzikir kepada Allah SWT.

• Selalu berdoa: Mohonlah perlindungan dari Allah SWT dalam setiap doa dan memohon istiqamah dalam keimanan.

• Bergaul dengan orang-orang sholeh: Orang-orang sholeh dapat memberikan pengaruh positif dan membantu kita untuk tetap teguh di jalan yang benar.

• Menjauhi tempat-tempat maksiat: Hindarilah tempat-tempat yang dapat mengantarkan kita kepada dosa dan maksiat.

• Selalu berhati-hati: Waspadalah terhadap segala sesuatu yang dapat menggoda dan menjerumuskan kita ke dalam dosa.

Dengan memahami modus operandi cucu Iblis dan cara-cara untuk melindungi diri, kita dapat hidup dengan lebih tenang dan terhindar dari godaan mereka. Ingatlah bahwa Allah SWT selalu bersama kita dan akan memberikan kekuatan kepada hamba-Nya yang beriman. Semoga artikel ini bermanfaat! (*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News