Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerahPendidikan

42 Mahasiswa STAI Tapaktuan Ikut Pembekalan KPM Berbasis PAR

266
×

42 Mahasiswa STAI Tapaktuan Ikut Pembekalan KPM Berbasis PAR

Sebarkan artikel ini
Foto bersama Mahasiswa (i) STAI Tapaktuan, Aceh Selatan dengan para dosen pada acara pembekalan KPM berbasis PAR di Aula Lantai III kampus setempat, Senin (29/5/2023). Foto: Acehglobal/Istimewa.

TAPAKTUAN – Sebanyak 42 mahasiswa/i Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Tapaktuan, Aceh Selatan mengikuti pembekalan kuliah pengabdian masyarakat (KPM) berbasis Participatory Action Research (PAR) di Aula Lantai III kampus setempat, Senin (29/5/2023).

“Pembekalan KPM berbasis PAR diikuti oleh 42 orang mahasiswa STAI Tapaktuan dengan rincian 37 orang perempuan dan 5 orang laki-laki,” kata Ketua Panitia KPM STAI Tapaktuan, Taufik Hidayat Harahap, S.HI., M.Ag.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dia merincikan sebanyak 42 orang mahasiswa tersebut berasal dari 3 program studi (Prodi) yakni Pendidikan Agama Islam (PAI), Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) dan Perbankan Syariah (PS). Kegiatan pembekalan dilaksanakan selama 2 hari Senin – Selasa, 29 dan 30 Mei 2023.

Baca Juga :   Kenang 17 Tahun Tsunami Aceh, Gubernur Nova Ziarahi Kuburan Massal di Ulee Lheue

“Adapun tujuan dilaksanakannya kegiatan pembekalan tersebut untuk meningkatkan wawasan dan skill mahasiswa agar pelaksanaan KPM berbasis PAR berjalan dengan baik dan lancar,” jelas Taufik.

Sementara itu, dalam sambutannya, Ketua STAI Tapaktuan, Sufyan Ilyas, S.TH., MH menjelaskan KPM berbasis PAR merupakan bentuk pengabdian kampus untuk membantu masyarakat terutama dalam merancang kegiatan-kegiatan yang melibatkan berbagai pihak terkait di Desa.

Diantaranya, sebut Sufyan seperti Keuchik (Kepala Desa), para tokoh perwakilan masyarakat dan unsur-unsur lainnya dalam lingkup masyarakat.

Baca Juga :   Mahasiswa KKN Unsyiah Cek Kesehatan Hewan Qurban

“Hal ini kita lakukan untuk menyerap berbagai saran dan masukan agar kegiatan yang nantinya dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan di lapangan. Tentunya tetap dalam bingkai background studi masing-masing,” tutur Sufyan.

Adapun para pemateri yang akan mengisi kegiatan pembekalan KPM selama dua hari ini di isi langsung oleh Ketua STAI Tapaktuan, Sufyan Ilyas dengan materinya Tri Dharma Perguruan tinggi.

Selanjutnya, adalah materi KPM Berbasis PAR, Teori dan Prakteknya dalam masyarakat. Materi ini akan dikupas tuntas oleh Taufik Hidayat Harahap.

Baca Juga :   Polisi Amankan Truk Pengangkut Minyak Solar Ilegal di Aceh Jaya

Kemudian, materi Kontribusi Mahasiswa KPM dalam penguatan TPA, PAUD, Masjid dan Musholla oleh Rusdi Kurnia, serta Camat Kluet Selatan Muriadi menyampaikan materi nilai-nilai Kearifan Lokal di Kecamatan Kluet Selatan.

Turut hadir dalam acara ini, Wakil Ketua I bidang Akademik Tgk Muhsin, MA, Wakil Ketua III bidang kemahasiswaan, serta para Ketua Prodi dalam lingkup STAI Tapaktuan yakni masing-masing Ketua Prodi PAI Edi Saffan, MA, Ketua Prodi HKI Mihfa Rizkia, MH, Ketua Prodi PGMI Miftahul Khairi, MPd dan Ketua Prodi Perbankan Syariah Diyah Mayarisa, MAg.(*)

Editor: Salman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *