Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
DestinasiWisata

5 Tempat Wisata di Abdya Terpopuler, Cocok Bawa Keluarga!

127
×

5 Tempat Wisata di Abdya Terpopuler, Cocok Bawa Keluarga!

Sebarkan artikel ini
Pantai Pulau Gosong Abdya. (Foto: Muhajiburahman / Istimewa)

Blangpidie, Acehglobal — Kabupaten Aceh Barat Daya atau yang lebih dikenal “Abdya” memiliki ibu kota bernama Blangpidie. Sebagian besar wilayah Abdya masih berupa dataran tinggi dan perairan yang membuat daerah berjuluk “Negeri Sigupai” ini cukup subur dan ramah masyarakatnya.

Tak hanya itu saja, ada beberapa lokasi objek wisata yang indah dan mempesona di Abdya. Berikut lima tempat wisata menarik di Abdya yang bisa dikunjungi saat liburan, dijamin seru dan cocok bawa keluarga:

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

1. Pulau Gosong

Pulau Gosong, sebuah destinasi tersembunyi di Kabupaten Aceh Barat Daya, mungkin belum banyak dikenal oleh wisatawan.

Pulau ini terletak di Kecamatan Susoh, sekitar 4 km dari Kota Blangpidie, Abdya. Pulau ini menawarkan pengalaman yang unik dan menarik bagi para pengunjung.

Untuk mencapai Pulau Gosong, wisatawan harus menaiki speed boat. Perjalanan ini menawarkan pemandangan indah dari gradasi air laut yang begitu jernih, memperlihatkan kecantikan karang di dasarnya.

Meskipun kecil, Pulau Gosong memiliki keindahan pasir putih yang berpadu dengan pepohonan cemara yang menambah pesonanya. Aktivitas snorkeling di sekitar pulau ini menjadi daya tarik utama bagi pengunjung untuk menikmati kehidupan laut yang kaya akan biota beragam.

Terletak sekitar 1 mil dari pantai Kecamatan Susoh, pulau ini memiliki luas sekitar satu hektar dan tidak berpenghuni. Pulau ini kaya akan biota laut, termasuk kima raksasa yang menjadi salah satu daya tariknya.

Baca Juga :   Jembatan Penghubung Dua Desa di Abdya Dipenuhi Sampah

Meskipun demikian, kondisi Pulau Gosong masih belum sepenuhnya siap untuk menerima wisatawan secara optimal. Masih terdapat kendala dalam hal transportasi dan fasilitas pendukung lainnya seperti dermaga apung.

Jadi, jika Anda ingin menjelajahi keindahan bawah laut yang menakjubkan, Pulau Gosong di Kabupaten Abdya adalah destinasi yang patut untuk dikunjungi.

2. Pantai Pasie Ujong Manggeng

Pantai selalu jadi tempat liburan yang menyenangkan. Salah satunya adalah Pantai Ujong Manggeng di Aceh Barat Daya. Meskipun mungkin belum terkenal seperti pantai-pantai lain, tapi pesonanya nggak kalah kok!

Lokasinya berada di Gampong Sejahtera, hanya 4 kilometer dari Kedai Manggeng. Setiap hari banyak pengunjung yang datang, terutama saat akhir pekan atau libur nasional.

Pantai Ujong Manggeng jadi salah satu destinasi favorit di Abdya. Banyak orang lokal yang suka datang ke sini buat melepas penat.

Ada beberapa hal menarik di Pantai Ujong Manggeng. Meskipun ramai, pantai ini tetap terjaga keasriannya. Pasir hitamnya juga eksotis.

Uniknya lagi, pantai ini ditumbuhi pohon cemara yang rimbun. Jadi, udaranya selalu sejuk dan segar. Cocok banget buat camping atau piknik bersama keluarga dan teman-teman.

Suara ombak yang tenang juga bikin hati jadi adem. Pantai ini pun punya fasilitas lengkap, seperti tempat parkir, pondok istirahat, toilet umum, dan tempat ibadah. Jadi, buat yang suka pantai, Pantai Ujong Manggeng patut dikunjungi.

3. Pantai Jilbab

Suara ombak yang gemuruh dan pemandangan alam yang memesona menjadikan pantai Jilbab sebagai destinasi wajib di setiap liburan.

Baca Juga :   Bupati Aceh Singkil Kecewa, Investasi UEA di Pulau Banyak Ditunda

Terletak di Gampong Kedai Susoh, Kecamatan Susoh, Pantai Jilbab bukan sekadar tempat wisata biasa. Suasana yang asri dan kehadiran pohon cemara yang rimbun membuat pengunjung merasakan kesegaran dan kesejukan yang luar biasa.

Pesona Pantai Jilbab tidak hanya terpancar pada keindahannya, tetapi juga pada kenyamanan yang ditawarkannya.

Tidak hanya itu, Pantai Jilbab juga menjadi tujuan favorit para remaja pada hari-hari biasa, terutama saat sore hari atau akhir pekan.

Suasana pantai yang santai, ditambah dengan berbagai kafe yang menyajikan makanan lezat, membuat pengunjung betah berlama-lama menikmati indahnya panorama alam.

Dengan jarak sekitar 5 km dari pusat kota Blangpidie, Pantai Jilbab menjadi pilihan yang praktis bagi warga Abdya untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan teman-teman.

Meskipun terdapat berbagai objek wisata di sekitarnya, seperti Pantai Bali dan Cemara Indah, namun keunikan dan kenyamanan Pantai Jilbab tetap memikat hati para pengunjung.

4. Pemandian Putroe Aloeh

Di Gampong Alue Seulaseh, Kecamatan Jeumpa, Abdya, terdapat destinasi wisata yang memikat yakni Pemandian Putroe Aloeh, atau yang dikenal sebagai Pucoek Krueng. Airnya segar dan alaminya bikin betah berlama-lama.

Pemandian ini cocok buat semua kalangan, dari tua sampai muda. Pengunjung suka menghabiskan waktu di sini, terutama saat sore hari, menikmati keindahan panorama dan kesegaran alam.

Selain airnya yang jernih, pemandian ini dikelilingi oleh pepohonan besar, bikin suasana semakin sejuk. Dan yang seru, ada kantin-kantin yang jualan makanan dan minuman di sekitar pemandian.

Baca Juga :   12 Destinasi Wisata yang Menarik Dikunjungi di Banda Aceh saat Liburan

Tempatnya juga cocok buat kegiatan-kegiatan ilmiah atau budaya. Beberapa lembaga kemahasiswaan suka mengadakan diskusi atau acara literasi di sini.

Meskipun belum sepenuhnya didukung oleh pemerintah daerah, pemandian ini tetap ramai dikunjungi setiap hari, terutama saat liburan. Yuk, kunjungi Pemandian Putroe Aloeh di Abdya!

5. Sungai Krueng Baru

Sungai Krueng Baru, merupakan tempat yang asyik buat menghabiskan liburan waktu akhir pekan Anda bersama keluarga.

Krueng Baru ini ada di Gampong Kayee Aceh, Kecamatan Lembah Sabil. Lokasinya mudah dijangkau dan gampang dicari, karena dekat dengan jalan nasional dan jadi pembatas Abdya dengan Aceh Selatan.

Di sini, Anda bisa menikmati segarnya air sungai sambil menikmati keindahan alam sekitarnya. Arus deras sungai dan bebatuan yang meliuk-layuk bikin suasana jadi lebih hidup.

Dan yang bikin asyik, udara di sekitar sini masih bersih dan segar banget, jauh dari polusi. Ada pohon-pohon hijau yang bikin udaranya makin sejuk, dan Anda juga bisa dengar suara burung berkicau.

Selain itu, Anda bisa main air, basuh muka, atau sekadar menikmati pemandangan sambil santai di pinggir sungai. Tempat ini juga cocok buat olahraga arung jeram atau sekadar bersantai di tepi sungai sambil ngemil makanan yang dibawa dari rumah atau beli dari penjual di sekitar.

Jadi, nggak perlu bingung lagi cari tempat liburan yang seru dan hemat. Yuk, ajak keluarga ke Krueng Baru untuk nikmati keseruannya!.(*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *