Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Piala Dunia 2022

Argentina Juara Piala Dunia 2022 usai Bantai Prancis lewat Drama Adu Penalti

418
×

Argentina Juara Piala Dunia 2022 usai Bantai Prancis lewat Drama Adu Penalti

Sebarkan artikel ini
Selebrasi skuad Argentina merayakan gol Angel Di Maria dalam laga final Piala Dunia 2022 versus Prancis, Minggu (18/12/2022). (AP Photo/Martin Meissner).

ARGENTINA berhasil menjadi juara Piala Dunia 2022 usai mengalahkan Prancis pada laga final yang berlangsung di Lusail International Stadium, Qatar, Minggu (18/12/2022) malam.

Argentina berhasil keluar sebagai sang juara dan berhak angkat trofi FIFA World Cup 2022 usai membungkam Prancis dengan skor 4-2 lewat drama adu penalti.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Duel final Argentina kontra Prancis sangat sengit. Pasalnya, kedua tim bermain sama kuat dengan hasil imbang skor 3-3 setelah waktu normal 90 menit plus tambahan waktu 30 menit.

Kendati demikian, keputusan mengakhiri pertandingan melalui adu penalti adalah cara untuk menentukan gelar sang juara episode Piala Dunia di negara Qatar tahun ini.

Baca Juga :   Prediksi Skor Final Piala Dunia 2022: Argentina Vs Prancis, Ini Komentar Warga Abdya

Sebelumnya di babak pertama, Argentina terlebih dahulu mencetak gol ke gawang Prancis melalui eksekusi penalti oleh Lionel Messi pada menit ke-23.

Gol kedua Albiceleste tercipta pada menit ke-36 lewat kaki pemain Argentina, Di Maria. Skor 2-0 untuk Argentina.

Namun, ketika masuk babak kedua, Kylian Mbappe berhasil mencetak gol pertama bagi Prancis di menit ke-80 lewat tendangan penalti.

Selang satu menit kemudian, yaitu pada menit ke-81, Mbappe kembali menambah pundi gol untuk Les Bleus. Gol kedua ini juga tercipta lewat tendangan penalti.

Baca Juga :   Luka Modric Sebut Kroasia Punya DNA Real Madrid

Kedudukan skor sama 2-2 membuat pertandingan semakin seru dan menegangkan.

Penalti Lionel Messi mengecoh Hugo Lloris. (Reuters/Carl Recine)

Wasit memutuskan perpanjangan waktu setelah waktu normal 90 menit berlangsung, skor masih saja tidak berubah, yakni draw 2-2.

Pada tambahan waktu 30 menit, Lionel Messi kembali menambah gol untuk Argentina. Tendangan Messi ke gawang Prancis tak mampu dihalau kiper Lloris di menit ke-108. Skor berubah menjadi 3-2.

Akan tetapi, tak berselang lama, Mbappe mampu menyamakan kedudukan melalui tendangan pinalti pada menit ke-118. Skor kembali berubah 3-3.

Kedua tim sama kuat karena pada tambahan waktu 15 menit x 2, praktik jual beli serangan antara kedua tim semakin dahsyat.

Baca Juga :   Update Daftar Tim yang Lolos ke Babak 16 Besar Piala Dunia 2022

Hingga wasit meniupkan peluit panjang, skor masih saja tidak berubah masih saja 3-3 pada bonus tambahan waktu 30 menit tersebut.

Untuk menentukan sang juara piala dunia, kedua tim terpaksa harus mempertaruhkan kehebatan masing-masing kiper, yakni bertarung melalui drama adu penalti.

Dalam drama adu penalti, ternyata kepiawaian kiper Argentina Martinez dalam membaca arah gerakan atau tendangan bola lebih unggul ketimbang kiper Prancis, Lloris.

Martinez berhasil membendung 2 tendangan penalti dari timnas Argentina.

Sampai selesainya babak adu penalti tersebut, skor akhir penalti adalah 4-2 membuahkan kemenangan bagi Argentina, sehingga menjadi juara piala dunia 2022 di Qatar tahun ini. (*)

| Editor: Redaksi