Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Baitul Mal Kabupaten Simeulue Gelar Khitanan Massal Gratis

337
×

Baitul Mal Kabupaten Simeulue Gelar Khitanan Massal Gratis

Sebarkan artikel ini
Anak-anak yang mengikuti khitanan massal gratis yang diadakan Baitul Mal Simeulue, Kamis (13/7/2023) Foto: Acehglobal/Ainal Yakin.

SIMEULUE – Badan Amil Zakat Baitul Mal Kabupaten (BMK) Simeulue melaksanakan kegiatan khitanan massal gratis di Puskesmas Kecamatan Simeulue Barat pada Kamis (13/7/2023).

Acara khitanan massal gratis yang diselenggarakan oleh BMK Simeulue ini diikuti oleh 48 anak dari berbagai Desa/Kelurahan di Kecamatan Simeulue Barat.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Ketua BMK Simeulue, Raswiadi menyatakan bahwa setiap anak yang berpartisipasi dalam kegiatan ini akan mendapatkan manfaat senilai Rp. 600.000, termasuk layanan medis. Ia menyebutkan khitanan massal gratis ini ditujukan kepada anak dari keluarga yang kurang mampu di Kabupaten Simeulue.

Baca Juga :   200.000 Ton Beras Asal Vietnam Tiba di Aceh

“Kegiatan khitanan massal ini melibatkan beberapa tim medis, dimana setiap tim terdiri dari seorang dokter dan seorang paramedis yang berasal dari Puskesmas dan Rumah Sakit di Kabupaten Simeulue,” ujar Raswiadi.

Dia menjelaskan, kegiatan khitanan massal gratis ini dilaksanakan setiap tahun dan merupakan program dari Baitul Mal Simeulue bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten setempat.

“Kami telah memulai kegiatan khitanan massal di Kecamatan Simeulue Timur kemarin, hari ini di Kecamatan Simeulue Barat, dan akan melanjutkannya ke kecamatan lain di Simeulue,” tambahnya.

Baca Juga :   Ketua Yakorbis Abdya Apresiasi Barsela Expo 2023

Raswiadi juga mengungkapkan bahwa dana untuk khitanan massal ini berasal dari zakat yang disumbangkan oleh para muzakki (orang yang wajib membayar zakat) dan munfik (pemberi infak).

Kepala Puskesmas Simeulue Barat, Sri Mulyana memberikan apresiasi yang tinggi kepada Baitul Mal dan Pemerintah Kabupaten Simeulue atas terselenggaranya khitanan massal gratis ini. Ia berharap kegiatan ini dapat menjadi agenda tahunan rutin untuk membantu masyarakat yang kurang mampu.

“Kami berharap agar kegiatan ini dapat dilaksanakan secara rutin setiap tahun, dengan tujuan untuk terus membantu masyarakat Simeulue yang kurang mampu,” ujar Sri Mulyana.

Baca Juga :   Xiaomi Luncurkan Redmi 12C, Ponsel Entry Level Terbaru dengan Baterai 5.000 MAh

Ia juga menjelaskan bahwa dari segi medis, khitan memiliki manfaat yang sangat penting, yaitu menghilangkan bagian tubuh yang menjadi tempat penyimpanan kotoran, virus, bakteri, dan zat berbahaya lainnya yang dapat mengancam kesehatan.

“Saya, mewakili orang tua anak-anak yang sedang menjalani khitanan massal ini, ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada Baitul Mal, Pemerintah Kabupaten Simeulue, dan terutama kepada para dermawan yang telah memberikan zakat untuk membantu meringankan beban mereka,” ucap Sri Mulyana.(*)

Editor: SSY