Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Viral

Dunia Maya Digegerkan dengan Shaf Salat Id, Laki-laki Campur Perempuan di Ponpes Al Zaytun

656
×

Dunia Maya Digegerkan dengan Shaf Salat Id, Laki-laki Campur Perempuan di Ponpes Al Zaytun

Sebarkan artikel ini
Foto salat Idul Fitri 1444 H di ponpes Al Zaytun yang diunggah akun Instagram @kamerapengawas.id

JAKARTA – Jagat dunia maya dihebohkan dengan unggahan akun Instagram @kamerapengawas.id yang diunggah oleh IG @kepanitiaanalzaytun.

Dalam foto yang diunggah oleh akun tersebut dengan bio “Ini adalah akun resmi Kepanitiaan Al-Zaytun, meliput berbagai kegiatan acara di Ma’had Al-Zaytun, Indonesia”, terlihat unggahan foto sholat Id yang dilakukan pada Sabtu (22/4/2023), memicu kontroversi.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Unggahan foto tersebut menampilkan jamaah yang dibuat berjauhan, dan terlihat jamaah perempuan duduk di posisi paling depan di antara jamaah laki-laki.

Hal ini menimbulkan reaksi dari warganet yang akhirnya heboh dengan meninggalkan komentar di unggahan tersebut. “Kegiatan perayaan Id Al Fitri di Masjid Rahmatan Lil Alamin Al-Zaytun-Indonesia,” demikian keterangan caption tersebut yang dikutip oleh Acehglobalnews pada Selasa (25/4/2023).

Baca Juga :   Viral, Bocah SD Pidie Jaya Bawa Ayah Berobat dengan Becak Tua Tempuh 8 Jam ke RSUD Cut Mutia

Adapun yang bertindak sebagai Khatib adalah Prof Abdussalam Rasyidi (AS) Panji Gumilang memberikan khutbah pada salat Idul Fitri 1444 Hijriyah tersebut. Beliau adalah pendiri Ponpes Al-Zaytun di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat pada 13 Agustus 1996.

Dalam foto lainnya, terlihat jamaah perempuan juga mendengarkan tausiyah Panji Gumilang dengan duduk di kursi posisi paling depan di antara jamaah laki-laki. Tentu saja, bercampurnya jamaah laki-laki dan perempuan dalam satu kasus menimbulkan kontroversi.

Hal ini memicu debat dan reaksi dari berbagai pihak, terutama dalam hal tradisi shalat Id di Indonesia yang secara umum memisahkan jamaah laki-laki dan perempuan.

Baca Juga :   Pj Bupati Abdya Terima Trophy Proklim Utama dari Menteri LHK RI

Komentar Warganet

Akun @kukuh_fa****, misalnya, heran dengan para jamaah yang terkesan orang terdidik semua. “Yang gw lihat ini orang-orang berpendidikan semua kan ya? Mereka bisa kasih dalil gak , sholat kayak gitu ?”

Akun @mas_di**** juga menambahkan posisi sholat yang bercampur. “Shaf sholat itu bukan postingan yang ditentukan, meski postinganmu tinggi, tapi kamu perempuan, shaf sholatmu paling belakang,” katanya.

Tidak hanya itu, akun @zeer0_jelly**** merasa tidak paham dengan tata cara sholat di Ponpes Al-Zaytun. ” Kok ibunya di barisan laki-laki sih Buk , berdoa apa struktur organisasinya,” ujarnya.

Baca Juga :   Gegara Cinta Buta, Pria Ini Nekat Jual Genteng Rumah Mendiang Orang Tuanya

Foto tersebut juga mengundang hal yang keras ketika diunggah di lini masa. Akun Twitter @tanyarl mengunggah foto tersebut hingga mendapat ribuan tanggapan, yang sebagian besar mencantumkan tata cara sholat di Ponpes Al-Zaytun .

“Izin tanya, Al-Zaytun itu aliran Islam apa ya, kok perempuan bisa shalat di antara laki-laki dan di shaf paling depan juga? Soalnya sender baru tahu ada organisasi ini. Mohon penjelasannya bagi yang paham,” kata akun tersebut. (*)

Editor : Salman

Foto-foto salat Idul Fitri 1444 H di ponpes Al Zaytun yang diungah oleh akun Instagram kamerapengawas.id.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *