Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Pemerintahan

Gampong Lhung Asan Tetapkan RPJMG Tahun 2023-2028

607
×

Gampong Lhung Asan Tetapkan RPJMG Tahun 2023-2028

Sebarkan artikel ini
Keuchik Gampong Lhung Asan, Maidi
Keuchik Gampong Lhung Asan, Maidi.

Blangpidie, AcehGlobalNews – Pemerintah Gampong Lhung Asan, Kecamatan Blangpidie, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), resmi menetapkan Qanun tentang perencanaan pembangunan jangka menengah gampong tahun 2023-2028 atau disebut dengan RPJMG.

“Alhamdulillah, Pemerintahan Gampong Lhung Asan telah menetapkan Qanun Gampong tentang RPJMG tahun 2023-2028 melalui musyawarah desa bersama Tuha Peut pada beberapa waktu lalu,” kata Keuchik Gampong Lhung Asan, Maidi, S.Sy, Sabtu (24/12/2022).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Maidi menjelaskan, RPJMG adalah rencana kegiatan pembangunan gampong yang berlaku selama 6 tahun kedepan. RPJMG, katanya, akan menjadi landasan bagi pemerintah gampong Lhung Asan dalam menyusun rencana kerja pemerintah gampong (RKPG) untuk jangka waktu 1 tahun.

Baca Juga :   Pemerintah Gampong Meudang Ara Tetapkan RPJMG Tahun 2023-2038

“Dalam Qanun tentang RPJMG dan RKPG merupakan satu-satunya dokumen perencanaan di gampong dan merupakan pedoman dalam penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Gampong (APBG) yang diatur berdasarkan Peraturan Pemerintah,” terangnya.

Pria yang akrab disapa Wax Max ini, juga mengatakan dalam penyusunan RPJMG telah melakukan proses musyawarah dengan melibatkan masyarakat secara partisipatif mulai dari musyawarah dusun hingga musyawarah penetapan qanun.

Baca Juga :   Warga Lhung Asan Peusijuek Keuchik Terpilih dan Pemuda

“RPJMG adalah dokumen yang memuat arah kebijakan pembangunan Gampong, arah kebijakan keuangan Gampong, kebijakan umum, program Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK), lintas SKPK, program prioritas kewilayahan, dan disertai dengan rencana kerja,” beber Wak Max.

RPJMG ini, jelas Wax Max juga harus mengacu pada RPJM kabupaten, memuat visi dan misi Keuchik (Kepala Desa), dan menjabarkan lima bidang perencanaan yang meliputi bidang penyelenggaraan Pemerintahan Gampong, pelaksanaan pembangunan, pembinaan kemasyarakatan, pemberdayaan masyarakat, dan bidang penanggulangan bencana serta keadaan darurat dan mendesak.

Baca Juga :   Sekda Aceh Ajak PNS Baru Hidup Sederhana

“Selaku Keuchik saya sangat mengharapkan kerjasama dan dukungan dari masyarakat, agar kita bisa bersama-sama membangun Gampong Lhung Asan ini sesuai dengan dokumen perencanaan yang sudah disusun untuk 6 tahun kedepan,” harap Wax Max.

Untuk melihat isi RPJM Gampong Lhung Asan Tahun 2023-2028 dapat mendowload dokumen tersebut dengan cara klik tautan ini >>> RPJMG_Lhung Asan. (*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News