Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Gandeng Kemenag, Disdukcapil Abdya Luncurkan Inovasi ‘Berkah Berstatus’

338
×

Gandeng Kemenag, Disdukcapil Abdya Luncurkan Inovasi ‘Berkah Berstatus’

Sebarkan artikel ini
Kadisdukcapil, Jamaluddin dan Kabid Bimas Islam Kemenag Abdya, M Yatim menyerahkan langsung KK dan KTP dengan status baru kepada salah satu mempelai pengantin yang sudah selesai melakukan pernikahan. Foto/Istimewa

BLANGPIDIE – Demi memberikan kemudahan bagi masyarakat, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Aceh Barat Daya (Disdukcapil Abdya) bersama Kantor Kemenag kabupaten setempat meluncurkan Inovasi Berkah Berstatus yaitu “Berani Nikah Berani Rubah Status.”

“Inovasi ini kita lakukan dengan tujuan agar memberikan kemudahan bagi masyarakat khususnya untuk para mempelai pengantin yang baru saja melakukan pernikahan,” kata Kadisdukcapil Abdya, Jamaluddin, Kamis (16/03/2023).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Tambah Jamal, pada inovasi tersebut kedua mempelai bukan hanya mendapatkan buku nikah, akan tetapi sekaligus mendapatkan Kartu Keluarga (KK) dan pergantian status di KTP masing-masing mempelai.

Untuk menjalankan Inovasi tersebut, Disdukcapil akan melakukan kerjasama dengan Kemenag khususnya dengan Seluruh Kantor Urusan Agama (KUA) yang ada di Kabupaten Abdya.

“Kajian kami Inovasi ini akan sangat memudahkan bagi masyarakat yang baru saja melakukan pernikahan, dimana para mempelai cukup dengan menyerahkan KK, KTP, dan Surat Domisili ke KUA sebelum melakukan pernikahan,” jelasnya.

Baca Juga :   Ini Tanggapan Pj Bupati Abdya Soal Lahan Eks HGU PT CA

“Seterusnya pihak KUA akan meneruskan berkas tersebut ke Disdukcapil, dan pihak Disdukcapil akan langsung memproses dan menyerahkan KK dan KTP bersangkutan ke KUA agar diserahkan setelah ijab kabul,” terang Jamal.

Secata terpisah, Kepala Kankemenag Abdya Salman Alfarisi melalui Kepala Bidang Urusan Bimbingan Masyarakat (Bimas) Islam, M Yatim sangat mengapresiasi Inovasi yang dilakukan oleh kantor Disdukcapil kabupaten Abdya itu.

Baca Juga :   Baitul Mal dan Disdukcapil Abdya Teken MoU Pemanfaatan Data Penduduk

M. Yatim berharap dengan Inovasi Berkah Berstatus tersebut kedepan akan semakin menertibkan administrasi kependudukan terutama bagi para pengantin baru.

“Kedepan tidak ada lagi masyarakat kita yang memiliki data diri yang tidak sesuai. Alhamdulillah inovasi ini akan sangat membantu masyarakat khususnya para warga yang baru saja melakukan pernikahan,” ujarnya. (*)

Editor : Salman