Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Peristiwa

Gerak Cepat, Tim Gabungan Tangani Tanah Longsor dan Kayu Tumbang di Aceh Selatan

279
×

Gerak Cepat, Tim Gabungan Tangani Tanah Longsor dan Kayu Tumbang di Aceh Selatan

Sebarkan artikel ini
Gerak Cepat, Tim Gabungan Tangani Tanah Longsor dan Kayu Tumbang di Aceh Selatan.

Tapaktuan, AcehGlobalNews – Akibat tingginya curah hujan yang terjadi di wilayah Aceh Selatan, mengakibatkan terjadinya tanah longsor dan pohon tumbang di jalan lintas Nasional Tapaktuan – Subulussalam tepatnya di gunung Desa Ujung Batu, Kecamatan Pasie Raja, Kabupaten Aceh Selatan, Sabtu (17/12/2022) malam.

Menyikapi hal tersebut, tim gabungan yang terdiri dari personel Koramil 14/Pasie Raja dan juga Koramil 01/Tapaktuan bersama, serta Polsek Pasie Raja bersama BPBD setempat bergerak cepat turun ke lokasi terjadinya tanah longsor dan kayu tumbang itu guna mengatasinya.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dandim 0107/Aceh Selatan, Letnan Kolonel Arh Helmy Ariansyah, SE melalui Danramil 14/Pasie Raja Kapten Inf Priya Utama mengatakan, longsoran tanah dan kayu tumbang yang terjadi di jalan lintas Tapaktuan -Subulussalam tepatnya di pegunugan Desa Ujung Batu Pasie Raja tersebut menutupi sebagian badan jalan, dan akibat itu juga arus lalu lintas menjadi terganggu.

“Guna membantu kelancaran lalu lintas di tempat kejadian tanah longsor dan kayu tumbang ini, seluruh personil Koramil langsung kita terjunkan ke lokasi. Kita juga melakukan koordinasi dengan pemerintah kampung dan dinas terkait untuk melaksanakan penanganannya,” ujar Danramil.

Baca Juga :   Polisi Masih Dalami Penyebab Meninggalnya Seorang Nenek di Abdya

Danramil Pasie Raja juga menjelaskan, untuk saat ini langkah-langkah yang diambil adalah melakukan koordinasi dengan Pemerintah dan Dinas terkait untuk menurunkan alat berat.

“Sebelum kedatangan alat berat, untuk sementara waktu kita bersama warga, personil BPBD dan Polsek melakukan upaya pembersihan kayu tumbang dengan sinso dan alat manual seadanya, agar jalan dapat segera dilintasi meski sedikit terhambat,” terangnya.

Lebih lanjut Kapten Priya Utama juga menyampaikan, selain terjadinya tanah longsor, kayu tumbang akibat hujan deras tersebut, juga terjadi banjir di jalan Lintas Nasional tepatnya di Desa Pante Raja, Kecamatan Pasie Raja dengan ketinggian air 20 hingga 40 cm. Banjir tersebut kata dia juga merendam beberapa rumah warga di Desa itu.

Baca Juga :   BNN dan Tim Gabungan Musnahkan 3 Hektar Ladang Ganja di Aceh Selatan

“Untuk di lokasi banjir ini, kendaraan masih bisa melintas. Namun, kita tetap menghimbau kepada pengguna jalan baik kendaraan roda empat maupun roda dua, serta masyarakat setempat tetap berhati-hati,” pungkas Danramil. (*)

|Editor: Redaksi