Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Hari Ini, Panwaslih Abdya Mulai Tertibkan APK yang Tak Sesuai Aturan

1498
×

Hari Ini, Panwaslih Abdya Mulai Tertibkan APK yang Tak Sesuai Aturan

Sebarkan artikel ini
Panwaslih bersama Satpol PP Abdya dibantu pihak kepolisian setempat melakukan penertiban APK dan BK yang tidak sesuai aturan di Kecamatan Lembah Sabil, Rabu (17/1/2024). Foto: Acehglobal/Muhammad Nasir.

Blangpidie, Acehglobal — Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) atau Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) bersama personel Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) setempat, kembali melakukan penertiban terhadap Alat Peraga Kampanye (APK) dan Bahan Kampanye (BK) yang terpasang tidak sesuai aturan di wilayah tersebut.

“Penertiban APK dan BK ini akan dilakukan di seluruh wilayah Abdya. Target penertiban mulai hari ini tanggal 17 sampai 18 Januari besok,” kata Ketua Panwaslih Abdya, Hendra di sela-sela penertiban APK di Kecamatan Lembah Sabil, Rabu (17/1/2024).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Hendra menjelaskan, penertiban APK tersebut dilakukan usai pihaknya menyurati semua Ketua Partai Politik di Abdya, yang berisi imbauan penertiban APK tak sesuai aturan agar dilakukan secara mandiri.

“Imbauan yang terakhir kita berikan estimasi waktunya sampai tanggal 14 Januari lalu. Nah, mulai hari ini 17 Januari kita lakukan penertiban itu. Artinya kita sudah berikan waktu yang lumayan kepada setiap partai politik untuk menertibkan secara mandiri,” ujarnya.

Baca Juga :   Selang Sehari Diprotes Warga, Ketua Tuha Peut Gampong Pusu Ingin Jaya Pilih Mundur

Mengingat belum ada penertiban yang dilakukan oleh pihak partai politik, Panwaslih Abdya turun melakukan penertiban dibantu oleh sejumlah personel Satpol PP dan kepolisian setempat.

“Penertiban ini dilakukan dengan melibatkan tiga unsur, yaitu kepolisian yang bertindak sebagai pengamanan. Kemudian Satpol PP yang bertindak melakukan penertiban. Sementara kami dari Panwas disini hanya melakukan pengawasan atau menentukan dimana titik-titik lokasi APK yang harus ditertibkan” terang Hendra.

Lebih lanjut, alumni Fakultas Hukum USK itu juga menjelaskan bahwa titik lokasi penertiban APK dan BK yang tak sesuai aturan tersebut akan dilakukan di seluruh kecamatan yang sebelumnya sudah di-inventarisir oleh masing-masing Panwascam.

Baca Juga :   Eratkan Silaturahmi, SMA 1 Blangpidie Abdya Akan Adakan Reuni Akbar Alumni

“Titik-titik tersebut tidak hanya berada di sepanjang jalan nasional, akan tetapi juga masuk ke wilayah perkampungan,” sebutnya.

Menurut Hendra, penentuan titik lokasi penertiban APK tersebut berdasarkan imbauan yang disampaikan Bawaslu kabupaten terkait titik lokasi mana saja APK yang melanggar.

“Berdasarkan ketentuan itu lah kita melakukan penertiban APK mulai dari hari ini hingga targetnya sampai besok,” katanya. (*)

Editor: Salman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *