Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Kakanwil Kemenag Aceh: CJH Asal Aceh Akan Nginap Dekat Masjidil Haram

298
×

Kakanwil Kemenag Aceh: CJH Asal Aceh Akan Nginap Dekat Masjidil Haram

Sebarkan artikel ini
Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Drs H Azhari, saat konferensi pers di ruang Media Center Haji PPIH Embarkasi Aceh, Asrama Haji Aceh, Banda Aceh, Senin (22/5/2023). Foto: Acehglobal/Ist

Laporan: Redaksi | Editor : Salman

BANDA ACEH – Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Aceh akan memberangkatkan 4.343 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Aceh sesuai kelompok terbang (Kloter) yang ditentukan.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“CJH Aceh terbagi dalam 12 kloter,” kata Kepala Kanwil Kemenag Aceh, Drs H Azhari, saat konferensi pers di ruang Media Center Haji PPIH Embarkasi Aceh, Asrama Haji Aceh, Banda Aceh, Senin (22/5/2023).

Baca Juga :   STKIP Muhammadiyah Abdya Dinobatkan sebagai Sekolah Tinggi Terbaik 2022

Azhari menyebutkan, Rabu malam, 24 Mei 2023, setelah Isya, JCH Aceh akan dilepaskan oleh Inspektur Jenderal Kementerian Agama RI, Dr H Faisal Ali Hasyim MSi, yang juga dihadiri Pj Gubernur Aceh, Achmad Marzuki.

“Tahun ini, Aceh mendapatkan berkah. Sebab CJH Aceh ditempatkan dilokasi yang dekat Masjidil Haram, yaitu Hotel Alkiswah Jarwal. Jaraknya 1,9 Km, sehingga jemaah bisa jalan kaki atau naik bus yanh disediakan PPIH Arab Saudi,” ucap Kakanwil Kemenag Aceh, Azhari.

Baca Juga :   PNL Sosialisasi Penerimaan Mahasiswa Baru ke Sekolah di Aceh Timur, Langsa dan Aceh Tamiang

Persiapan penerimaan jemaah, tegas Azhari, sudah disiapkan alat pendukung, termasuk alat pemeriksa kesehatan. Jemaah yang butuh layanan khusus sudah disiapkan fasilitas. “Karena JCH Aceh ada yang lansia, berusia 80-100,” ujarnya.

Menurut Azhari, petugas haji mengemban tugas berat untuk melayani lansia. Sebab jemaah lansia tidak didampingi kerabat dekat. Namun petugas sudah jemput bola dan bekerja maksimal memberikan pelayanan.

Baca Juga :   TK Tahfizd Rabbani Quran School Gelar Wisuda Angkatan Ke-II 2022

Kuota haji Aceh tahun 2023 sebanyak 4.378 orang. Namun Kemenag Aceh akan memberangkatkan 4.343 orang, dengan rincian laki-laki 1.729 orang dan perempuan 2.614 orang.

Sementara, jumlah lansia 1.520 orang. Sisa kuota 34 orang, karena berhalangan berangkat. Terkait jemaah yang tunda keberangkatan, panitia telah meminta pernyataan pada yang bersangkutan bahwa siap tidak berangkat haji tahun ini.(*)