Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
DaerahRamadhan

Kemenag Abdya Tetapkan Zakat Fitrah 1445 H dengan Beras, Ini Besarannya

396
×

Kemenag Abdya Tetapkan Zakat Fitrah 1445 H dengan Beras, Ini Besarannya

Sebarkan artikel ini
Rapat koordinasi penentuan zakat fitrah 1445 H / 2024 M yang digelar di Media Center Kantor Kemenag Abdya, Kamis (28/3/2024). (Foto: Acehglobal / Ist)

Blangpidie, Acehglobal – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Barat Daya (Kemenag Abdya) bersama Pemerintah Daerah Kabupaten setempat resmi menetapkan zakat fitrah untuk tahun 1445 Hijriah/2024 Masehi.

Penetapan ini dilakukan melalui Rapat Koordinasi Penentuan Zakat Fitrah yang digelar di Media Center Kantor Kemenag Abdya, Kamis (28/3/2024).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Rapat dipimpin langsung oleh Kakankemenag Abdya H Salman Al Farisi S.Ag M.Pd. Hadir Ketua Mahkamah Syar’iyah Blangpidie, Wakil Ketua MPU, Ketua Baitul Mal, Kepala Dinas Syariat Islam, Kabid Koperasi / UKM Abdya, Ketua PD Muhammadiyah Abdya, Sekretaris PC Nahdlatul Ulama Abdya, Wakil Sekretaris PC Perti Abdya, Plt Kasubbag TU dan Penyelenggara Zawa.

Baca Juga :   Pemkab Abdya Gelar Upacara Hari Sumpah Pemuda ke 95

“Hasil rapat koordinasi memutuskan zakat fitrah yang ditunaikan di Kabupaten Abdya dalam bentuk makanan pokok (beras) sebanyak 1 Sha’ atau 2,8 Kg setiap jiwa,” kata Salman.

Salman menjelaskan, penetapan zakat fitrah tersebut sesuai dengan Fatwa Majelis Permusyawaratan Ulama Nomor : 13 Tahun 2014 Tanggal 16 Oktober 2014 Tentang Kadar Zakat Fitrah dan Ketentuannya.

Baca Juga :   7 Waktu Mustajab Berdoa di Bulan Ramadan

“Zakat fitrah lebih utama dalam bentuk beras dengan kualitas sama dengan yang dikonsumsi sehari-hari, atau bisa juga dibayarkan dengan uang sesuai harga beras yang berlaku di pasaran,” terangnya.

Salman mengatakan, tujuan rapat koordinasi penetapan zakat fitrah untuk memberikan kejelasan kepada masyarakat mengenai besaran zakat yang harus mereka bayarkan sesuai dengan kemampuan dan kondisi ekonomi yang ada.

Baca Juga :   Wakapolda Aceh yang Baru Resmi Dilantik

“Hal ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat dalam melaksanakan kewajiban zakat fitrah dan fidyah dengan lebih teratur dan terukur,” imbuhnya.

Usai rapat, Salman menghimbau kepada kepala KUA se-Kabupaten Abdya melalui pengurus masjid untuk mensosialisasikan besaran zakat fitrah ini kepada masyarakat.

“Sekaligus memantau pelaksanaan pengumpulan dan pendistribusian zakat fitrah di wilayah kerja masing-masing,” pungkasnya.(*)