Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Mahasiswa KPM STAI Tapaktuan Gelar Pesta Rakyat dan Festival Kebudayaan

0
×

Mahasiswa KPM STAI Tapaktuan Gelar Pesta Rakyat dan Festival Kebudayaan

Sebarkan artikel ini
Kegiatan tarik tambang pada pesta rakyat dan festival kebudayaan mahasiswa KPM STAI Tapaktuan. Foto: Acehglobal / foto Istimewa.

TAPAKTUAN – Mahasiswa STAI Tapaktuan menggelar kegiatan Pesta Rakyat dan Festival Kebudayaan pada program akhir setelah mengabdi di Gampong Se Pulau Kandang dalam pemenuhan tugas mata Kuliah Pengabdian Masyarakat (KPM) (5/7/2023).

Seperti diketahui, Pulau Kandang memiliki 5 Gampong (Desa), yang meliputi Gampong Ujung, Gampong Luar, Gampong Keude Kandang, Gampong Pasie Merapat dan Gampong Jua.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Koordinator Mahasiswa KPM STAI Tapaktuan, Cut Mulia MD mengatakan kegiatan ini merupakan program akhir setelah beberapa rangkaian kegiatan yang dilaksanakan selama KPM di Pulau Kandang.

“Ada beberapa program kegiatan yang sudah kami laksanakan selama KPM di Pulau Kandang seperti Pelatihan Guru TPA, Pelatihan BUMG, Seminar Parenting (Pola Asuh Anak), Bakti Sosial (Baksos), Pembinaan terhadap anak-anak di lembaga Pendidikan (SD/ MI, TPA, TK dan PAUD), dan kegiatan Sebar Wakaf Qur’an dan Iqra’ di desa masing-masing di pulau kandang,” kata Cut Mulia.

Baca Juga :   Isbat Awal Ramadan 1443 H, Kemenag Gelar Rukyatul Hilal di 101 Titik

Sementara itu, Ketua Panitia Pesta Rakyat dan Festival Kebudayaan, M. Haikal Qadri dalam laporannya mengatakan kegiatan Pesta Rakyat ini di ikuti oleh seluruh Komponen Masyarakat, baik dari kalangan Muda dan Tua.

Dengan rincian lomba, sebutnya Lomba Balap Karung, Balap Kelereng pakai sendok, Lomba Pancing Botol, Tarik Tambang, Lomba Makan Kerupuk, Lomba Goyang Balon, Lomba Oper Tepung dan Air, Lomba Main Bola Pakai Kain Sarung, dan berbagai lomba Lainnya.

Baca Juga :   Penyuluh dan Petani Sawit di Subulussalam Dibekali Pengetahuan Budi Daya

Terakhir ditutup dengan Lomba Peuayon Aneuk (Ayunan Anak). Lomba Ini sangat di nantikan oleh Ratusan masyarakat hingga memadati tempat pelaksanaan pesta Rakyat.

“Selain dari program akhir KPM, kegiatan pesta Rakyat ini juga rangka menyemarakkan Hari Raya Idul Adha 1444 Hijriah,” ujar Haikal

Menurutnya, khususnya untuk Lomba Peuayon Aneuk dinilai sangat penting untuk digalakkan kembali, mengingat tradisi tersebut sudah langka di tengah masyarakat.

“Peuayon Aneuk ini juga budaya dan tradisi Yang harus kita wariskan sama-sama, Karena dalam Peuayon Aneuk terdapat Sya’ir-Sya’ir serta Hikayat yang penuh dengan makna kehidupan. Maka Begitu pentingnya menjaga dan melestarikan kembali Budaya dan tradisi yang sudah kita punya dari Indatu kita terdahulu,” terangnya.

Baca Juga :   Lalin Jalan Guhang - Cot Manee Lancar, Warga Abdya: Terimakasih Pak Safaruddin

Melalui Acehglobal, Haikal menyampaikan ucapan terimakasih kepada seluruh perangkat adat dan hukum, perangkat Desa se Pulau Kandang, serta seluruh masyarakat yang sudah berhadir dan memeriahkan kegiatan akhir mahasiswa KPM STAI Tapaktuan.

“Insyaallah nanti pada hari Kamis, 6 Juli 2023 kami akan di jemput oleh para kampus untuk kembali ke kampung halaman kami,” pungkasnya.(*)

Editor: SSY