Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
AdvertorialSosok

Mengenal Usman IA, Dari Guru Ngaji, Pegawai BRI Hingga Menjadi Caleg DPRA

1348
×

Mengenal Usman IA, Dari Guru Ngaji, Pegawai BRI Hingga Menjadi Caleg DPRA

Sebarkan artikel ini
Usman IA, S.P, Calon Legislatif DPR Aceh Nomor Urut 1 dari PKS. Foto: Acehglobal/Istimewa.

USMAN IA, SP., sosok pria yang lahir di Kecamatan Kuala Batee, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Ia terlahir dari keluarga yang sangat sederhana. Ayahnya seorang guru mengaji dan ibunya bekerja sebagai ibu rumah tangga. Sejak kecil, Usman IA sudah dididik oleh ayahnya untuk selalu rajin beribadah dan baik terhadap sesama.

Sejak usia 6 tahun, Usman IA sudah mulai belajar mengaji. Ia sangat senang dan bersemangat dalam mempelajari Al-Qur’an, terutama cabang tilawah. Baginya, Al-Qur’an merupakan salah satu aspek penting dalam kehidupan karena dapat menjadikan manusia menjadi insan yang paripurna.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Setelah lulus SMA, Usman IA melanjutkan studi di Universitas Syiah Kuala di Fakultas Pertanian Banda Aceh. Dengan segala keterbatasan biaya, ia tetap sabar dan tekun dalam meraih cita-citanya menjadi seorang sarjana.

Saat menjadi mahasiswa, Usman IA tetap aktif dalam kegiatan mengajar Al-Qur’an. Keahliannya dalam membaca Al-Qur’an sangat mumpuni, sehingga ia dipercaya untuk mengajar di TPQ Plus Baiturrahman. Selain mengajar di TPA, Usman IA juga aktif di beberapa organisasi seperti IPQAH Banda Aceh, Remaja Masjid Baiturrahman, dan BKPRMI Banda Aceh.

Baca Juga :   Buku Sajak "Secangkir Air Mata" Hamdani Mulya Diapresiasi Prof Agung Pranoto dan Tokoh Nasional

Setelah menyelesaikan studi sarjana, Usman IA kembali ke kampung halaman untuk mengabdi. Ia mendirikan lembaga pengajian di rumah sejak tahun 2000 sampai sekarang. Banyak prestasi yang diraih oleh santri didikan Usman IA, mulai dari tingkat desa, kecamatan, kabupaten, provinsi, hingga nasional.

Di sela-sela kesibukannya sebagai guru mengaji, Usman IA juga aktif bekerja sebagai pegawai Bank Rakyat Indonesia (BRI). Ia tetap menyisihkan waktu untuk mengajarkan para santri mengaji. Tidak hanya pengajian di rumah, Usman IA juga sering menghadiri tilawah Al-Qur’an di rumah-rumah warga yang ditimpa musibah kemalangan. Sungguh luar biasa kecintaan sosok Usman IA terhadap Al-Qur’an.

Kecintaan Usman IA terhadap Al-Qur’an tidak hanya sebatas mengajar, tetapi juga membimbing para santri untuk mengikuti berbagai lomba MTQ. Ia selalu siap siaga mendampingi para santri yang akan mengikuti MTQ, bahkan rela mengambil cuti dari pekerjaannya.

Baca Juga :   Menilik Kembali Heroisme Cut Nyak Dhien lewat Mahakarya Eros Djarot

Bukti nyata kecintaan Usman IA terhadap Al-Qur’an adalah keputusannya untuk resign dari pegawai BRI. Saat itu, ia menjabat sebagai Kepala Unit BRI. Hal ini sempat viral di media sosial dan membuat warga Abdya saat itu gempar. Namun, Usman IA tetap teguh pada pendiriannya untuk memprioritaskan menjadi pengajar Al-Qur’an.

Tidak lama berselang, berkah Al-Qur’anulkarim, Usman IA terpilih sebagai anggota DPRK Abdya periode 2019-2024. Ia juga menjabat Ketua BKPRMI Abdya sampai sekarang. Selain itu, beliau juga dipercayakan sebagai Imam Masjid Agung Baitul Ghafur Abdya. Usman IA sangat bangga karena sebagian besar imam lainnya merupakan muridnya.

Saat menjabat anggota DPRK Abdya, Usman IA sangat konsisten dalam kegiatan keagamaan. Ia menyalurkan banyak pokir (pokok pikiran) untuk masjid, balai pengajian, dan TPA. Dengan prestasinya selama 4 tahun menjabat sebagai anggota DPRK Abdya.

Baca Juga :   Kader NU Tulen, Doktor Salman Alfarisi Lolos Seleksi Calon Kakanwil Kemenag Aceh

Usman IA banyak yang memberi masukan dan dukungan agar ia mencalonkan diri sebagai anggota DPR Aceh Dapil 9 yang meliputi Subulussalam, Aceh Singkil, Aceh Selatan, dan Abdya. Ia diusung oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dengan Nomor Urut 1 (Satu). Masyarakat sangat yakin bahwa sosok Usman IA lah yang bisa memperjuangkan dan mewujudkan insan-insan Qur’ani.

Riwayat Pendidikan:

SD, SMP, SMA & Fakultas Pertanian UNSYIAH.

Riwayat Pekerjaan:

1. BRI Unit Samadua (1997-1999)

2. BRI Unit Lhok Bengkuang (1999-2000)

3. BRI Unit Meukek (2000-2001)

4. BRI Unit Bakongan (2001-2003)

5. BRI Unit Peukan Blangpidie (2003 – 2004)

6. BRI Unit Central Blangpidie (2004 – 2007)

7. BRI Unit Labuhan Haji (2007 – 2010)

8. Kepala BRI Unit Labuhan Haji Barat (2010-2013)

9. Kepala BRI Unit Labuhan Haji Tengah (2013-2014)

10. Kepala BRI Unit Central Blangpidie (2014-2016)

11. Kepala BRI Unit Kuala Batee (2016-2017)

12. Kepala BRI Unit Manggeng (2017-2018).