Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Musrenbang 2024, Pemerintah Gampong Iku Lhung Jaring Usulan Warga

327
×

Musrenbang 2024, Pemerintah Gampong Iku Lhung Jaring Usulan Warga

Sebarkan artikel ini
Masyarakat Gampong Iku Lhung, Kecamatan Jeumpa, Abdya menghadiri Musrenbang Tahun 2024 di aula Serbaguna Gampong setempat, Jumat (25/8/2023). Foto: Acehglobal/Mhd. Nasir

BLANGPIDIE – Pemerintah Gampong Iku Lhung, kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Gampong guna menjaring aspirasi dan usulan masyarakat untuk pembangunan Desa.

Musyawarah yang berlangsung di Aula Serbaguna Gampong setempat, Jumat (25/8/2023) itu, dihadiri PDTI (Pendamping Desa Teknik Infrastruktur) Kecamatan Jeumpa, PLD, Imum Mukim, Keuchik Gampong Iku Lhung, Aparatur dan puluhan masyarakat.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Keuchik Gampong Iku Lhung, Basri mengatakan Musrenbang dilaksanakan sebagai syarat untuk menyusun perencanaan pembangunan gampong selama satu tahun kedepan yakni berupa rencana kerja pemerintah gampong (RKPG).

Baca Juga :   Anggota DPRK Abdya Julinardi Hadiri Musrenbang Gampong Cot Jeurat

“Dalam musyawarah ini, kita ingin menyerap aspirasi masyarakat agar nantinya bisa dituangkan menjadi sebuah program dalam RKPG dan juga APBG Iku Lhung Tahun 2024,” ujar Basri.

Dia menjelaskan, dalam menyusun konsep pembangunan gampong harus lahir dari musyawarah untuk mencapai mufakat. Sebab melalui saran, ide dan gagasan dari masyarakat akan menjadi acuan bagi pemerintah gampong dalam pembangunan Desa setahun kedepan.

Baca Juga :   Gampong Durian Rampak Susoh Gelar Musrenbang Desa TA 2022

“Semua warga yang hadir bebas berpendapat dan menyampaikan usulan, kemudian berlandaskan hasil mufakat itulah kita jadikan konsep pembangunan gampong di tahun 2024 mendatang,” kata Basri.

Musrenbang tahun ini, lanjut Basri, pemerintahan gampong bersama masyarakat menyepakati salah satu usulan prioritas yaitu 30 persen anggaran ketahanan pangan tahun 2024 mendatang akan digunakan untuk pembangunan sarana dan prasarana pertanian.

“Tahun depan kita tidak ada pengadaan pupuk lagi untuk para petani, karena anggaran ketahanan pangan akan kita fokuskan untuk pembangunan sarana dan prasarana persawahan,” ungkapnya.

Baca Juga :   Pemerintah Gampong Iku Lhung Salurkan Pupuk Gratis untuk Petani

Terkait anggaran 30 persen ketahanan pangan, Basri sependapat dengan sejumlah usulan yang disampaikan masyarakat dalam Musrenbang. Anggaran tersebut diharapkan dapat menyentuh dan bermanfaat bagi kalangan masyarakat.

“Kita akan menggunakan anggaran ketahanan pangan tahun depan untuk membangun saluran primer yang memberi manfaat yang berkelanjutan bagi petani,” ucapnya.

Amatan Acehglobal, dalam forum Musrenbang Gampong masyarakat Iku Lhung juga mengusulkan sejumlah program diantaranya di bidang kesehatan, pendidikan, pemberdayaan masyarakat dan UKM, serta sejumlah usulan penting lainnya.(*)

Editor: Salman