Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Pendidikan

UIN Ar-Raniry Gelar Seminar Nasional Bahas Akar dan Solusi Radikalisasi Agama

106
×

UIN Ar-Raniry Gelar Seminar Nasional Bahas Akar dan Solusi Radikalisasi Agama

Sebarkan artikel ini
FUF UIN Ar-Raniry Banda Aceh menggelar Seminar Nasional dengan tema “Radikalisasi Agama: Mengidentifikasi Akar Penyebab dan Solusinya”, di Aula Lt.3 Gedung Pascasarjana UIN Ar-Raniry, Rabu (5/6/2024). (Foto: Istimewa)

Banda Aceh, Acehglobal — Fakultas Ushuluddin dan Filsafat (FUF) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh mengadakan Seminar Nasional Mahasiswa dengan tema “Radikalisasi Agama: Mengidentifikasi Akar Penyebab dan Solusinya”.

Acara ini berlangsung pada Rabu, 5 Juni 2024, di Aula Lantai 3 Gedung Pascasarjana UIN Ar-Raniry.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Seminar ini menghadirkan enam narasumber utama yang memiliki keahlian dan pengalaman luas dalam bidangnya. Mereka adalah Fakhri Aly, Penasehat Menteri PPN/Kepala Bapenas RI; Syamsul Rijal, Guru Besar Filsafat Islam UIN Ar-Raniry; dan Mohammed Jafar Fadhel Jaber Bani Lam dari University Al-Mustafa International, Iran.

Baca Juga :   Akademisi UIN Ar-Raniry Diduga Rangkap Jabatan di MPA, YARA Surati Rektor

Selain itu, hadir juga Roslan Abdul Rahim dari Universitas Sultan Azlanshah, Malaysia; Dwi Ruby Khalifah, Pendiri dan Direktur Aman Indonesia serta Ketua Jaringan Demokrasi Asia; dan Suraiya IT, dosen di FUF UIN Ar-Raniry.

Dekan FUF UIN Ar-Raniry, Salman Abdul Muthalib, menekankan pentingnya seminar ini sebagai langkah strategis untuk menghadapi tantangan zaman, khususnya radikalisme agama.

“Kegiatan seperti ini akan terus kita laksanakan untuk menyikapi berbagai isu dan persoalan yang terjadi dalam masyarakat sesuai dengan kebutuhan zaman,” ujar Salman.

Baca Juga :   UIN Ar-Raniry dan Kemenag Jalin Kerjasama Sertifikasi Pembimbing Manasik Haji dan Umrah

Salman menambahkan bahwa tujuan dari seminar ini adalah memberikan kontribusi signifikan dalam upaya mencegah penyebaran ideologi radikal serta mempromosikan masyarakat yang lebih damai dan inklusif.

Musdawati, Ketua Panitia, dalam laporannya menyampaikan bahwa seminar nasional ini merupakan penyelenggaraan ketiga oleh fakultas tersebut, dan jumlah pesertanya meningkat dibandingkan tahun sebelumnya.

“Kegiatan ini diikuti oleh ratusan peserta yang berasal dari puluhan kampus di seluruh Indonesia. Panitia juga menghadirkan enam narasumber utama dan 37 presenter yang akan memaparkan makalah pada seminar ini,” jelasnya.

Baca Juga :   Prodi PMI FDK UIN Ar-Raniry Gelar Seminar Pengembangan Masyarakat

Seminar ini diharapkan dapat menjadi wadah bagi mahasiswa, akademisi, dan praktisi untuk berdiskusi dan bertukar pikiran mengenai isu-isu penting terkait radikalisasi agama. Diskusi ini bertujuan untuk mengidentifikasi akar penyebab radikalisasi serta mengeksplorasi solusi yang komprehensif dan efektif.

Dengan seminar ini, FUF UIN Ar-Raniry berharap dapat memberikan sumbangsih dalam upaya menciptakan lingkungan yang lebih harmonis dan toleran, serta membangun kesadaran kolektif akan pentingnya melawan radikalisme agama di Indonesia. (*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News