Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Pendidikan

1.956 Mahasiswa Baru Lulus UM-PTKIN UIN Ar-Raniry

258
×

1.956 Mahasiswa Baru Lulus UM-PTKIN UIN Ar-Raniry

Sebarkan artikel ini
Calon mahasiswa baru mengukur seleksi UM-PTKIN di UIN Ar Raniry Banda Aceh. (Foto Istimewa)

Banda Aceh, Acehglobal — Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh telah menyelesaikan seleksi mahasiswa baru melalui jalur Ujian Masuk Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (UM-PTKIN) 2024.

Hasilnya, sebanyak 1.956 calon mahasiswa baru yang mengikuti seleksi UM-PTKIN dinyatakan lulus di UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Hal itu disampaikan Rektor UIN Ar-Raniry Prof Mujiburrahman dalam keterangan rilis, Selasa (9/7/2024).

“Pengumuman hasil seleksi UMPTKIN 2024 ini telah diumumkan pada Senin, 8 Juli 2024 pukul 15.00 WIB melalui laman resmi https://pengumuman-um.ptkin.ac.id/,” kata Mujiburahman.

Baca Juga :   Wakil Rektor I UIN Ar-Raniry: Daerah Perbatasan Aceh Rawan Pendangkalan Aqidah

Prof Mujiburahman menjelaskan, lulusan SMA/sederajat yang diumumkan tersebut tersebar di 28 program studi yang dikelola Kementerian Agama.

Ia mengingatkan kepada calon mahasiswa baru yang dinyatakan lulus untuk segera mendaftar ulang serta melakukan langkah-langkah selanjutnya agar tidak gagal di tengah jalan.

Kemudian, lanjut Prof Muji, bagi peserta yang belum lulus pada seleksi sebelumnya, UIN Ar-Raniry membuka kesempatan terakhir melalui jalur PMB Lokal.

“Jalur tersebut sama dengan jalur tes lainnya, dengan Uang Kuliah Tunggal (UKT) yang sama,” sebutnya.

Baca Juga :   PNL Wisuda 993 Mahasiswa, 241 Orang Lulus Cumlaude

Prof Mujiburrahman menambahkan, dengan pembukaan jalur PMB Lokal tersebut diharapkan semakin banyak calon mahasiswa yang melanjutkan kuliah di UIN Ar-Raniry.

“Kami berkomitmen untuk memberikan pendidikan berkualitas dan membentuk generasi muda yang berdaya saing tinggi,” katanya.

Mujiburrahman juga menjelaskan bahwa seluruh mahasiswa baru yang lulus di UIN Ar-Raniry dari semua jalur, biaya kuliahnya sama.

UKT dimulai dari yang terendah sebesar Rp400 ribu. Informasi besaran UKT masing-masing program studi dan pengelompokan dapat diakses di situs Admisi UIN Ar-Raniry Banda Aceh.

Baca Juga :   Prodi Migas dan TRKI Politeknik Lhokseumawe Raih Akreditasi Unggul

“Biaya kuliah di kampus UIN Ar-Raniry tidak dibedakan berdasarkan jalur masuk, tetapi berdasarkan kemampuan orang tua atau si pembiaya kuliah melalui UKT,” katanya.

UIN Ar-Raniry Banda Aceh menyediakan kuota sebesar 7.175 orang untuk penerimaan mahasiswa baru tahun akademik 2024/2025 melalui lima jalur, yaitu SNBP, UTBK-SNBT, SPAN-PTKIN, UM-PTKIN, dan Jalur Mandiri atau PMB Lokal. (*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News