Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Asah Leadership Mahasiswa, Safaruddin dan Irfannusir Isi Materi LKM di STKIP Muhammadiyah Abdya

423
×

Asah Leadership Mahasiswa, Safaruddin dan Irfannusir Isi Materi LKM di STKIP Muhammadiyah Abdya

Sebarkan artikel ini
Anggota DPR Aceh, Irfannusir Rasman,S.Ag.,M.I.Kom, saat mengisi materi LKM III di kampus STKIP Muhammadiyah Abdya, Jum'at (13/10/2023). (Foto: Acehglobal/Andi. W)

Reporter: Andi W

Blangpidie – Tokoh Barat Selatan (Barsela) Aceh dan Aceh Barat Daya (Abdya) mengisi materi di acara Latihan Kepemimpinan Mahasiswa (LKM) III di Kampus Sekolah Tinggi Keguguran dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Muhammadiyah Abdya.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dua tokoh Barsela yang tidak asing lagi yaitu, Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh, Safaruddin S.Sos.,M.S.P dan anggota DPR Aceh Irfannusir Rasman, S.Ag.,M.I.Kom, dan tokoh pendidikan Abdya, Ikhwanul Muslim, M.Pd, serta perwakilan MPD Irwansyah, M.Pd.

Hal itu disampaikan Ketua STKIP Muhammadiyah Abdya, Afdal Jihad saat membuka LKM III yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), di Aula Kampus setempat, Jum’at (13/10/2023).

Baca Juga :   Warga Durian Rampak Nobar Final Piala Dunia 2022

Afdal mengatakan, latihan kepemimpinan ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengasah soft skill mahasiswa STKIP Abdya kearah yang lebih baik.

“Supaya berkembang jiwa kepemimpinannya, dengan harapan akan sukses dalam dunia pekerjaan dan menjadi pelaku perubahan dalam kehidupan sosial kemasyarakatannya,” jelasnya.

Afdal berharap, ilmu kepemimpinan transformatif yang diberikan oleh pemateri nanti, para mahasiswa bisa memiliki kemampuan untuk memetakan perubahan yang nyata di tengah masyarakat society 5.0.

“Yang di maksud, masyarakat society ini dalam masyarakat yang mampu menyelesaikan masalahnya dengan memanfaatkan inovasi teknologi industri, dan itu merupakan tantangan di era sekarang,” tambahnya.

Baca Juga :   DPP RKCA Serahkan SK Secara Simbolis kepada DPD RKCA Aceh Barat

Selain itu, lanjut Afdal, LKM itu juga bentuk kesadaran kritis mahasiswa agar mampu mencari solusi dan mau memperjuangkan apa perubahan yang ingin di realisasikan. Agar terbentuk kesadaran bahwa sebetulnya pelaku perubahan adalah mahasiswa.

“Ketika kesadaran ini terbangun, maka diharapkan akan ada tranformasi sosial di masyarakat kita, dengan memahami bahwa transformasi hanya berhasil apabila dilakukan dengan rasional dan keadaban bukan dengan emosional dan anarkis.

“Disamping diharapkan dapat membantu mahasiswa dalam mengembangkan dirinya kearah individu yang memilki ketrampilan abad 21 yaitu, berfikir kritis, kreatif, kolaborasi dan komunikasi,” terang Afdal.

Baca Juga :   Wabah DBD di Abdya, Puluhan Warga Terserang, 2 Dirujuk ke Banda Aceh

Empat hal ini, sambungnya, sangat penting bagi generasi sekarang untuk bisa sukses dalam dunia kerja serta di tunjang dengan kemampuan literasi dan bahasa.

“LKM ini kegiatan wajib setiap tahunnya di STKIP Muhammadiyah Abdya, dan seluruh mahasiswa di wajibkan untuk mengikutinya, dengan harapan dapat membantu mengembangkan kemampuan soft skillnya, serta mampu memimpin dirinya dalam memasuki dunia kerja dan menciptakan lapangan untuk dirinya dan orang lain,” pungkasnya.(*)

Editor: Salman

Simak berita dan artikel lainnya di Google News