Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Dihadiri Semua Unsur, Kemenag Aceh Utara Sukses Gelar Sosialisasi Kampung Moderasi Beragama

221
×

Dihadiri Semua Unsur, Kemenag Aceh Utara Sukses Gelar Sosialisasi Kampung Moderasi Beragama

Sebarkan artikel ini
Kakankemenag Aceh Utara Drs. H. Maiyusri., M.Ag didampingi Kasi Bimas Islam dan Kasi PD Pontren saat memberikan pembinaan dan materi terkait sosialisasi Kampung Moderasi Beragama. Foto: Acehglobal/Murhaban.

LHOKSUKON – Kementerian Agama Kabupaten Aceh Utara melalui Seksi Bimas Islam sukses menggelar Sosialisasi Kampung Moderasi Beragama (KMB), yang berlangsung di Aula PLHUT Kankemenag setempat, Rabu (2/8/2023).

Hadir dalam kegiatan itu, Kepala Kantor Kemenag (Kakankemenag) Aceh Utara Drs. H. Maiyusri, M.Ag, Kasi Bimas Islam H. Asnawi, S.Ag., M.Sos, Kasi PD Pontren Drs. H. Hamdani A Jalil, MA, Camat Lhoksukon, Camat Muara Batu, Camat Paya Bakong, para Kepala KUA, para Penyuluh Agama Islam baik Fungsional maupun Non PNS di lingkungan Kankemenag Aceh Utara.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Selain itu, juga hadir para Geuchik, Imam Gampong, Ketua Pemuda serta dari unsur tokoh agama, tokoh masyarakat dan ormas keagamaan di Kabupaten Aceh Utara.

Baca Juga :   Ketua Forum Keuchik Se Abdya Silaturahmi dengan Wakil Ketua DPRA Safaruddin

Dalam pembinaan dan sosialisasi, Kakankemenag Aceh Utara H. Maiyusri menyampaikan bahwa, Kampung Moderasi adalah suatu istilah yang menggambarkan suatu daerah atau tempat dalam wilayah tertentu (dalam lingkup RT, RW, atau kelurahan/Desa) yang masyarakatnya terdiri atas beberapa perbedaan.

“Perbedaan dari aspek kepercayaan, keyakinan, agama, ras atau lainnya dengan penuh kesadaran menerima perbedaan yang ada karena pemahaman terhadap keagamaannya yang moderat dengan sepenuh hati untuk dapat memberikan kemaslahatan diri, lingkungan, masyarakat, bangsa dan negara sehingga tercipta kerukunan, toleransi, dan harmonis,” ucapnya.

Baca Juga :   40 Unit Alsintan Rusak di Distanpan Abdya Disarankan Dilelang
Foto bersama usai acara Sosialisasi Kampung Moderasi Beragama, yang berlangsung di Aula PLHUT Kankemenag Aceh Utara. Foto: Acehglobal/Murhaban.

Sementara Kasi Bimas Islam H. Asnawi, dalam kesempatan tersebut, mengharapkan dukungan dari semua elemen dalam melaksanakan amanah Kementerian Agama yang telah dicanangkan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas.

“Mari kita semuanya untuk bergerak bersama, berkomitmen bersama dan membangun pemahaman yang sama, sehingga dalam membangun dan mewujudkan Kampung Moderasi Beragama yang menjadi tujuan bersama tidak terjadi kesalahpahaman persepsi,” tegas H. Asnawi yang juga sebagai Ketua Pokja KMB itu.

Adapun Kasi PD Pontren H. Hamdani A Jalil, yang juga selaku Anggota dari MPU Aceh Utara dalam sambutan sebelumnya, juga menyampaikan bahwa moderasi beragama bukan berarti memodernisasi ajaran agama, namun sikap dalam pemahaman dan pengamalan agama yang moderat.

Baca Juga :   Pengusaha Muda Aris Munandar Bin Usman Santuni Anak Yatim

“Moderat berarti wasathon, atau pertengahan. Islam wasathon berarti Islam yang tidak ekstrem kanan maupun kiri,” katanya.

Dalam pertemuan yang di hadiri oleh seluruh unsur tersebut, Kasi Bimas Islam H. Asnawi kemudian juga mengumumkan nama-nama setiap Gampong atau Desa yang ditetapkan sebagai Kampung Moderasi Beragama di 27 Kecamatan se-Aceh Utara yang telah diusul oleh Pokja Kecamatan sebelumnya.

Acara yang dipandu oleh Tgk. Murhaban, SH, yang juga merupakan Penyuluh Agama Islam Non PNS yang baru saja menerima penghargaan Penyuluh Award Kemenag Aceh Tahun 2023 beberapa hari lalu, berjalan lancar dan sukses sebagaimana mestinya.(*).

Editor: SSY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *