Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Disdukcapil Abdya dan SKPK Teken Kerjasama Pemanfaatan Data Kependudukan

353
×

Disdukcapil Abdya dan SKPK Teken Kerjasama Pemanfaatan Data Kependudukan

Sebarkan artikel ini
Disdukcapil Abdya gelar rakor lintas sektor penyusunan profil perkembangan kependudukan dan penandatanganan kerjasama di Aula Dukcapil Kabupaten Abdya, Selasa (7/11/2023). Foto: Acehglobal / Mhd Nasir

Blangpidie — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) dan Satuan Kerja Perangkat Kabupaten (SKPK) setempat sepakat meningkatkan pelayanan publik melalui pemanfaatan data kependudukan.

Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dengan sejumlah SKPK yang digelar di Aula Disdukcapil Abdya, Selasa (7/11/2023).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kepala Dinas Dukcapil Abdya, Jamaluddin, S.Pd, mengatakan kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan, serta Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

Baca Juga :   Inilah 72 Khatib Jumat Besok di Masjid Se Aceh Besar

“Selain itu, kegiatan ini juga merupakan tindak lanjut dari Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 102 Tahun 2019 tentang Pemberian Hak Akses dan Pemanfaatan Data Kependudukan,” kata Jamal.

Penandatanganan PKS ini merupakan yang keenam kalinya dilakukan oleh Dukcapil Abdya. Jamal berharap, dengan adanya kerja sama ini, pelayanan publik kepada masyarakat dapat semakin meningkat.

“Kami berharap, dengan adanya kerja sama ini, pelayanan publik kepada masyarakat dapat semakin mudah dan cepat,” ujar Jamal.

Baca Juga :   Golkar Abdya Bantu Korban Terdampak Kebakaran di Geulumpang Payong

Sementara itu, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMTSP), Tenaga Kerja dan Transmigrasi, Rahmat Sumedi SE, menyambut baik kerjasama tersebut.

Rahmat menilai, kegiatan ini akan memberikan dampak positif bagi masyarakat, khususnya dalam hal kemudahan pelayanan.

“Kegiatan ini akan memudahkan masyarakat dalam mengurus perizinan,” kata Rahmat.

Menurut Rahmat, dalam mengurus perizinan, semua jenis perizinan tetap akan memakai Nomor Induk Kependudukan (NIK). Oleh karena itu, kerja sama antara Dukcapil dengan sejumlah SKPK sangat diperlukan untuk mengintegrasikan data kependudukan.

Baca Juga :   Perdana di Abdya, Kemenag Bakal Launching Kelas Digital di Madrasah

“Dengan adanya kerja sama ini, kami berharap dapat saling memudahkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat,” pungkasnya.

Kegiatan penandatanganan PKS ini turut dihadiri oleh Asisten I Setdakab Abdya Musawir, S.Sos, M.Si dan sejumlah kepala dinas yang terlibat dalam kerjasama pemanfaatan data kependudukan dengan Disdukcapil Abdya.(*)

Editor : Salman

Simak berita dan artikel lainnya di Google News