Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaPendidikan

FDK UIN Ar-Raniry Selenggarakan Bedah Buku dan Diskusi Film Edukasi Dakwah

489
×

FDK UIN Ar-Raniry Selenggarakan Bedah Buku dan Diskusi Film Edukasi Dakwah

Sebarkan artikel ini
Para peserta sedang mengikuti rangkaian acara bedah buku dan diskusi film yang dilaksanakan di Aula FDK UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Selasa (24/10/2023). Foto: Acehglobal/Ist.

Banda Aceh – Fakultas Dakwah dan Komunikasi (FDK) Universitas Islam Negeri (UIN) Ar-Raniry Banda Aceh menyelenggarakan kegiatan Bedah Buku dan diskusi film edukasi dakwah, kegiatan tersebut berlangsung di Aula Fakultas setempat, Selasa (24/10/2023).

Adapun buku yang dibedah merupakan karya Akademisi UIN Ar-Raniry yaitu, Buku Dakwah dan Agenda Penting Umat Islam, Karya Prof Dr H M. Hasbi Amiruddin, MA dan buku Epistemologi Ilmu Dakwah, karya Dr Fakhri SSos MA, yang dibedah oleh Dr Mukhlisuddin Ilyas MPd (Direktur Utama Bandar Publishing).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Sementara Film yang didiskusikan yaitu, Imagi Rasa yang diproduksi oleh Komunitas Film Trieng, Film Suloh diproduksi oleh GR Kreatif, dan Film Kinara yang diproduksi oleh Universitas Project, dibedah oleh Davi Abdullah (Penasehat dan Pendiri Aceh Bergerak).

Dekan FDK, Prof Kusmawati Hatta MPd pada saat memberikan sambutan sekaligus membuka acara Kegiatan tersebut berharap agar kedepannya semakin banyak buku-buku yang dibedah, karena buku merupakan sumber ilmu pengetahuan dan wadah pengembangan pribadi dalam diri seseorang.

“Kita harapkan kedepannya banyak sekali buku yang bisa dibedah, baik dari dosen-dosen di FDK, maupun lingkungan UIN Ar-Raniry, dimana buku merupakan sumber Ilmu pengetahuan dan sumber untuk wadah pengembangan pribadi kita,” ungkapnya.

Baca Juga :   Pemkab Nagan Raya Turunkan Angka Stunting Dengan Program Sigaseh

Tidak hanya itu, Penulis buku Epistemologi Ilmu Dakwah, Dr Fakhri mengungkapkan alasan ia menulis buku tersebut adalah karena sebagian umat islam sangat alergi dengan filsafat terutama di epistemologi.

“Alasan saya menulis buku ini adalah karna banyak yang alergi dengan filsafat, terutama masalah di epistemologi, kalo kita belajar filsafat puncak yang paling susah itu di epistemologi,” jelas Dr Fakhri.

Baca Juga :   FLS2N Resmi Ditutup, Sejumlah Siswa SD Wakili Abdya ke Tingkat Provinsi

Dilansir dari dari wikipedia, epistemologi adalah cabang dari filsafat yang berkaitan dengan hakikat atau teori pengetahuan. Dalam bidang filsafat, epistemologi meliputi pembahasan tentang asal mula, sumber, ruang lingkup, nilai validitas, dan kebenaran dari pengetahuan.

Pada kesempatan tersebut juga adanya hibah buku karya kedua penulis kepada FDK yang diterima langsung oleh Dekan FDK, serta Launching Pusat Laboratorium dan Layanan Bimbingan Konseling Islam FDK.

Kegiatan tersebut dihadiri sebanyak 70 peserta dari unsur Pimpinan, Dosen, Staff, dan Mahasiswa FDK.(*)

Editor : Salman

Simak berita dan artikel lainnya di Google News