Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerahHeadline

Final, Ini Tiga Nama Calon Pj Bupati Abdya Usulan DPRK

482
×

Final, Ini Tiga Nama Calon Pj Bupati Abdya Usulan DPRK

Sebarkan artikel ini
Ketua DPRK Abdya, Nurdianto yang didampingi Wakil Ketua I Syarifuddin dan Wakil Ketua II Hendra Fadhli menyerahkan berkas usulan calon Pj Bupati Abdya yang diterima oleh Direktur Otda Kemendagri, Andi Batara, Selasa (19/7/2022). (Foto: IST)

Dewan Perwakilan Kabupaten (DPRK) Aceh Barat Daya (Abdya) telah mengusulkan tiga nama calon Penjabat (Pj) Bupati kabupaten setempat kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri), Tito Karnavian.

Dari ketiga nama yang diusulkan tersebut, ternyata dua nama diluar prediksi publik yang selama ini berkembang dan alot dibicarakan di tengah masyarakat.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Ketua DPRK Abdya, Nurdianto dalam keterangannya, Rabu (20/7/2022) mengaku pihaknya telah mengusulkan tiga nama calon Pj Bupati Abdya ke Kemendagri.

Ketiga nama tersebut, sebut Nurdianto, dua calon diusulkan oleh dua Fraksi di DPRK Abdya yang mengerucut pada dua nama, yaitu Darmansyah, S.Pd, MM dan Azhari, S.Ag, M.Si.

Baca Juga :   Tingkatkan Kerjasama, PT PIM Gandeng Politeknik Negeri Lhokseumawe

Diketahui Darmansyah saat ini menjabat Kepala Sekretariat Majelis Adat Aceh (MAA). Sedangkan, Azhari menduduki jabatan Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Aceh.

Kemudian, lanjut Nurdianto, satu nama calon Pj Bupati lagi merupakan usulan dari unsur pimpinan DPRK.

“Sedangkan satu nama lagi atas pertimbangan Pimpinan dan dengan mendengar masukan dari sejumlah anggota maka Pimpinan mengusulkan satu nama yang mewakili unsur Pejabat Strategis Kabupaten Abdya, yaitu Amiruddin, SPd,” katanya.

Baca Juga :   BKAD Blangpidie Abdya Gelar Pelatihan KPMG

Amiruddin sekarang ini menduduki kursi Sekretaris Dewan (Sekwan) DPRK Abdya. Sebelumnya, ia menjabat Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Abdya.

Dijelaskan Nurdianto, sebelumnya pada Senin (18/7/2022), ketiga Pimpinan DPRK Abdya telah berkonsultasi dengan otoritas berwenang di Kemendagri untuk meminta penjelasan persyaratan administratif calon Pj Bupati Abdya.

“Sehingga, ketiga calon yang kita usulkan memenuhi persyaratan sesuai ketentuan perundang-undangan,” terangnya.

Selanjutnya, pada Selasa (19/7/2022) ketiga Pimpinan DPRK Abdya menyerahkan kembali biodata kelengkapan administrasi ketiga nama tersebut ke Kemendagri.

“Dengan demikian usulan ketiga calon Pj Bupati dari DPRK Abdya kita anggap final pada tanggal tersebut,” ujar Nurdianto.

Baca Juga :   Bahas APBA 2022, Tim TAPA dan Banggar DPRA Konsultasi dengan Kemendagri

Politisi Partai Demokrat itu juga menyampaikan, pihaknya yakin dan percaya bahwa Tim Seleksi Penilai akhir pemerintah pusat akan bekerja secara profesional dan objektif dalam menyeleksi sejumlah nama calon Pj Bupati Abdya, baik yang diusulkan DPRK, Gubernur Aceh, maupun nama yang dijaring oleh Kemendagri.

“Dan DPRK Abdya juga akan menghormati dan mendukung sepenuhnya siapapun nantinya yang akan ditetapkan Pemerintah Pusat sebagai Pj Bupati Abdya,” pungkas Nurdianto.(*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News