Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Gelar PATBM, Gampong Lhang Sosialisasi Dampak Penggunaan Medsos

168
×

Gelar PATBM, Gampong Lhang Sosialisasi Dampak Penggunaan Medsos

Sebarkan artikel ini
Pemerintah Gampong Lhang Kecamatan Setia, kabupaten Abdya, menggelar kegiatan PATBM dengan mengusung topik "Pentingnya Pendampingan Orang Tua Dalam Dunia Medsos Anak," yang berlangsung di kantor Keuchik setempat, Minggu (24/12/2023).

Blangpidie, Acehglobal — Pemerintah Gampong Lhang Kecamatan Setia, kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), menggelar kegiatan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM) dengan mengusung topik “Pentingnya Pendampingan Orang Tua Dalam Dunia Medsos Anak,” Senin (25/12/2023).

Kegiatan yang dilaksanakan secara sarasehan tersebut berlangsung di aula kantor keuchik Gampong Lhang dengan menghadirkan dua narasumber yakni dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4) Abdya, Lia Amelia dan Koordinator Tenaga Pendamping Profesional (TPP) kecamatan Setia, Robbi Sugara.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dalam sambutannya, Keuchik Lhang, Asrudin, mengatakan kegiatan PATBM tersebut dilaksanakan dengan anggaran yang bersumber dari Dana Desa.

“Kegiatan ini kita laksanakan guna mengurangi dampak negatif penggunaan media sosial terhadap anak,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Robbi Sugara, dalam pemaparan materinya mengatakan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak bisa dilawan. Penggunaan gadget adalah kebutuhan dan keniscayaan termasuk bagi anak untuk bermain dan belajar.

“Kita tidak bisa menolak atau melawan perkembangan Iptek. Jadi peran orang tua menjadi sangat penting untuk mendampingi dan mendidik anak agar penggunaan gadgetnya bermanfaat,” katanya.

Menurutnya, penggunaan gadget yang berlebihan dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan fisik maupun mental pada anak.

“Menggunakan gadget terlalu lama dapat memengaruhi kesehatan fisik, mental, dan emosional anak,” ujar alumni Antropologi Sosial Pascasarjana Unimed tersebut.

Sementara itu, Lia Amelia selaku Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak juga menekankan akan pentingnya orang tua dalam mendampingi anak-anaknya saat mengakses media sosial.

“Penggunaan gadget itu ada juga manfaat positifnya, tapi juga bisa negatif, tergantung bagaimana kita memamfaatkannya,” terangnya.

Menurutnya, jika akses media sosial tidak digunakan sebagaimana mestinya, informasi negatif di dalamnya justru akan membuat perilaku anak menjadi tidak benar.

“Intinya bagaimana orangtua mendampingi anak-anaknya dalam menggunakan media sosial, dan orang tua juga harus memahami apa aspek positif dan negatifnya media sosial tersebut bagi anak,” pungkasnya.(*)

Editor : Salman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *