Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Pemerintah Gampong Pisang Abdya Sosialisasi Efek Penggunaan Medsos bagi Anak

238
×

Pemerintah Gampong Pisang Abdya Sosialisasi Efek Penggunaan Medsos bagi Anak

Sebarkan artikel ini
Foto bersama usai kegiatan sosialisasi Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), di aula kantor Keuchik Gampong Pisang, Kecamatan Setia, Abdya, Selasa (24/12/2023).

Blangpidie, Acehglobal — Melalui kegiatan Perlindungan Anak Terpadu Berbasis Masyarakat (PATBM), Pemerintah Gampong Pisang Kecamatan Setia kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya), adakan sosialisasi efek penggunaan media sosial (medsos) terhadap anak.

Kegiatan yang berlangsung di aula kantor Keuchik Gampong Pisang itu mengangkat topik pembahasan yakni Pentingnya Pendampingan Orang Tua Dalam Dunia Medsos Anak, Selasa (24/12/2023).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Keuchik Gampong Pisang, Dalwi mengatakan kegiatan tersebut pihaknya menghadirkan dua narasumber yaitu Lia Amelia dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Pemberdayaan Perempuan (DPMP4) Abdya dan Dosen STIT Muhammadiyah Abdya, Rismanidar.

Baca Juga :   Diduga Langgar Kode Etik, Pj Bupati Aceh Barat Copot Dua ASN

“Kegiatan PATBM ini anggaran pelaksanaannya bersumber dari Dana Desa. Tujuannya untuk mengurangi dampak negatif penggunaan media sosial terhadap anak,” ujar Dalwi.

Sementara itu, dalam pemaparan materi yang disampaikan Rismanidar, mengungkapkan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tidak bisa dilawan. Ia mengatakan penggunaan gadget adalah kebutuhan dan keniscayaan termasuk bagi anak untuk bermain dan belajar.

“Kita tidak bisa menolak atau melawan perkembangan Iptek. Jadi peran orang tua menjadi sangat penting untuk mendampingi dan mendidik anak agar penggunaan gadget nya bermanfaat,” jelas Rismanidar.

Baca Juga :   Ribuan Siswa SD dan SMP Di Abdya Ikuti Beut Qur'an

Menurut alumni Pasacasarjana IAIN Ar Raniry Banda Aceh itu, penggunaan gadget yang berlebihan dapat menimbulkan dampak buruk bagi kesehatan fisik maupun mental pada anak.

“Menggunakan gadget terlalu lama dapat memengaruhi kesehatan fisik, mental, dan emosional anak,” kata Risma.

Selanjutnya, Kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak DPMP4 Abdya, Lia Amelia dalam materinya menekankan bahwa pentingnya orang tua dalam mendampingi anak-anaknya saat mengakses media sosial.

Baca Juga :   Dimilad ke13, Irfanusir Motivasi Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Abdya

Lia menuturkan penggunaan gadget memang memiliki manfaat positif, akan tetapi juga bisa berakibat negatif apabila penggunaannya tidak bijak dilakukan oleh seseorang, apalagi yang menggunakan itu adalah anak-anak dibawah umur.

“Jika akses media sosial tidak digunakan sebagaimana mestinya, informasi negatif di dalamnya justru akan membuat perilaku anak menjadi tidak benar,” katanya.

“Intinya bagaimana orangtua mendampingi anak-anaknya dalam menggunakan media sosial, dan orang tua juga harus memahami apa aspek positif dan negatifnya media sosial tersebut bagi anak,” ungkap Lia.(*)

Editor : Salman