Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaPeristiwa

Gunung Merapi di Sumbar Meletus, Semburan Abu Vulkanik Capai 3.000 Meter

336
×

Gunung Merapi di Sumbar Meletus, Semburan Abu Vulkanik Capai 3.000 Meter

Sebarkan artikel ini
Gunung Merapi di kabupaten Agam, Sumbar semburkan kolom abu vulkanik hingga 3.000 meter dari dari puncak kawah yang disertai suara gemuruh, Minggu (3/12/2023). Foto: Dok warga.

Sumbar, Acehglobal – Gunung Merapi yang berada di Kabupaten Agam dan Tanah Datar, Sumatera Barat, meletus pada hari ini, Minggu (3/12/2023) sekitar pukul 14.54 WIB.

Meletusnya gunung api berketinggian 2.891 mdpl ini ditandai dengan adanya muntahan kolom abu berisi material vulkanik hingga 3.000 meter dari puncak kawah yang disertai suara gemuruh.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Menurut hasil perekaman seismogram Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), erupsi Gunung Marapi terekam dengan amplitudo maksimum 30 mm dan durasi 4 menit 41 detik.

Peristiwa meletusnya Gunung Merapi ini dibenarkan oleh Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Agam, Bambang Wasito

Baca Juga :   SMAN Unggul Tunas Bangsa Abdya Gelar Panen Karya Tema Anti Perundungan

“Benar. Kondisi Gunung Merapi meletus. Kolom abunya membumbung tinggi ke atas terlihat dari Agam,” ujar Bambang dilansir dari situs resmi BNPB, Minggu (3/12).

Saat ini, kata Bambang, tim BPBD Kabupaten Agam sudah berada di dua wilayah yang paling dekat dengan puncak, yakni Kecamatan Sungai Pua dan Kecamatan Canduang.

“Saat ini saya bersama tim BPBD Kabupaten Agam meluncur ke dua wilayah kecamatan terdekat dari puncak. Tim Pusdalops kami sudah berada di dua lokasi tersebut,” ungkapnya.

Sementara itu, Tim Pusat Pengendali dan Operasi (Pusdalops) BPBD Kabupaten Agam, Ade Setiawan, menuturkan bahwa hujan abu vulkanik dari erupsi Gunung Merapi dilaporkan terjadi di wilayah Nagari Lasi, Kecamatan Canduang, Kabupaten Agam.

Baca Juga :   Konflik Rusia-Ukraina Semakin Memanas, Ledakan Keras Kembali Terjadi di Kyiv dan Kaharkiv

Hujan abu vulkanik itu turun dengan intensitas tinggi hingga membuat suasana Nagari Lasi menjadi sangat pekat dan gelap.

“Hujan abu cukup pekat dan gelap terjadi di Nagari Lasi, Canduang. Sekarang sudah berhenti,” jelas Ade.

Setibanya di lokasi, tim BPBD Kabupaten Agam bersama dengan PMI segera membagikan masker kepada masyarakat.

Di samping itu, mereka juga mengimbau kepada masyarakat agar tidak keluar rumah dulu mengingat intensitas hujan abu vulkanik yang tinggi dan dapat berdampak pada kesehatan.

“Masyarakat sudah dibagi masker dan diingatkan agar tetap di dalam rumah,” kata Ade.

Baca Juga :   Petugas Tertibkan Ibu Bersama Anak yang jadi Pengemis Jalanan di Abdya

Sementara itu, hujan abu vulkanik juga terjadi di wilayah Kecamatan Sungai Pua. Akan tetapi intensitasnya rendah dengan durasi yang tidak terlalu lama. Hal itu diduga karena arah angin yang cenderung mengarah ke wilayah Kecamatan Canduang.

“Hujan abu di Sungai Pua tidak terlalu pekat. Karena arah angin ke menuju ke Canduang,” ungkap Ade.

Hingga berita ini diturunkan, Tim BPBD Kabupaten Agam bersama PMI terus menyisir Kecamatan Sungai Pua dan Canduang, guna antisipasi, kaji cepat dan berkoordinasi dengan para wali nagari.

“Belum ada laporan mengenai dampak korban jiwa maupun kerugian material dan aktivitas masyarakat tidak terganggu,” pungkasnya. (*)

(red/sal)