Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Kolaborasi Antar SKPA Sukseskan Baksos Tagana Dinsos Aceh Di Abdya

226
×

Kolaborasi Antar SKPA Sukseskan Baksos Tagana Dinsos Aceh Di Abdya

Sebarkan artikel ini

Blangpidie, AcehGlobalNews.com — Kerjasama antar Satuan Kerja Pemerintah Aceh (SKPA) Dinas Sosial (Dinsos) dengan Dinas Registrasi Kependudukan Aceh (DRKA) berhasil mengundang antensi masyarakat untuk mengikuti kegiatan Bakti Sosial (Baksos) Tagana se-Aceh yg diselenggarakan Dinas Sosial Provinsi di Abdya, pada Rabu (3/8/2022) kemarin.

Antusiasme warga sejak hari pertama digelarnya Baksos terlihat ramai. Dimana keterlibatan DRKA selama kegiatan Baksos Tagana memberikan layanan dokumen adminduk bagi warga, diantaranya perekaman KTP bagi pemula, Cetak Akta Kelahiran, KK, Cetak KTP dan Cetak KIA.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kepala Dinas Sosial Aceh, Dr. Yusrizal saat meninjau langsung posko Dinas Kependudukan mengapresiasi kegiatan pelayanan administrasi penduduk yang dilakukan Dinas DRKA tersebut. Menurutnya, apa yang dilakukan Dinas DRKA semakin menguatkan bobot atau kualitas dari kegiatan bakti sosial ini.

“Pelayanan seperti ini penting dan bermanfaat bagi warga sekitar, Jadi, disamping ada bantuan-bantuan fisik yang diberikan secara langsung oleh Kemensos, Pemerintah Aceh dan kalangan dunia usaha, ada juga bantuan yang sifatnya layanan serta langsung kepada warga. Sehingga semakin menguatkan jangkauan kebermanfaatan kegiatan Baksos Tagana itu sendiri,” ujar Yusrizal.

Baca Juga :   "Seperti Hotel," Sekda Aceh Puji Fasilitas Layanan UPTD Aneuk Nanggroe Dinsos

Yusrizal mengatakan, layanan administrasi seperti ini sedikitnya memberi kemudahan akses bagi warga masyarakat, mengingat keberadaan sejumlah warga yang jauh dari pusat kota. Karena itu peran DRK Aceh dengan Disdukcapil Abdya dalam menjemput bola akan banyak dimanfaatkan para warga.

“Alhamdulillah masyarakat makin terbantu, melalui momentum bakti sosial yang melibatkan berbagai instansi dan berbagai pihak ini. Artinya kita melihat, kegiatan yang bersifat koloboratif dampak manfaatnya akan lebih besar.”

“Idealnya kegiatan (baksos) semisal seperti ini yang sifatnya koloboratif, perlu kita dukung bersama sehingga masyarakat yang menerima dapat merasakan dampak yang lebih luas,” sambung Yusrizal.

Baca Juga :   Dinsos Aceh Salurkan Bantuan Masa Panik untuk Korban Banjir Susulan di Aceh Utara

Kadis Sosial Aceh ini juga menambahkan, selain DRKA, beberapa SKPA lain turut pula berpartisipasi dalam kegiatan baksos yang di inisiasi Dinsos Aceh ini, antara lain Dinas Pangan Aceh, Dinas Pertanian dan Perkebungan Aceh, dan Baitul Mal Aceh.

Adapun bentuk bantuan yang diberikan berupa pemanfaatan pekarangan kelompok wanita tani, bantuan bibit pohon, dan bantuan bagi korban bencana alam atau sosial.

Sementara itu, disisi lain Kabid PIAK DRKA, Saifuddin menyebutkan bahwa, pihaknya selama dua hari tersebut sudah melakukan pelayanan Dokumen Adminduk ditengah warga. Hal tersebut dilakukan dalam rangka ikut berpartisipasi menyambut HUT Taruna Siaga Bencana (Tagana) ke-18 pada kegiatan Baksos Tagana se-Aceh tahun 2022 di Kabupaten Abdya.

Saifuddin merincikan, rekam cetak dokumen adminduk tersebut dilakukan pada dua titik dalam Kecamatan Lembah Sabil, antaranya di SMAN 9 Abdya yang berada di Gampong Kaye Aceh pada Selasa (2/8), kemudian titik kedua pada Rabu (3/8), berlangsung di komplek Pesantren atau SMA Jabal Nur Jadid, Gampong Meurandeh.

Baca Juga :   Akhiri Konflik, Rusia dan Ukraina Mulai Berunding di Belarusia

“Sasaran melakukan perekaman dan cetak KTP-E bagi siswa/i SMA ini, karena mereka calon pemilih pemula pada pemilu tahun 2024 mendatang. Namun, perekaman ini juga kita lakukan untuk masyarakat sekitar yang hadir ke lokasi perekaman,” jelasnya.

“Alhamdulillah antusiasme warga tinggi, selama 2 hari posko layanan, tercatat sebanyak 753 transaksi layanan yg kita berikan, baik itu pengurusan KTPel, KK, KIA, Akta hingga SKT pindah WNI,” ucap Saifuddin.

Selanjutnya, Syaifuddin berharap kegiatan Baksos serupa dapat kiranya dapat di agendakan rutin, mengingat manfaat dan bantuan layanan yang diterima langsung oleh warga masyarakat.

“Kedepannya kita berharap kegiatan baksos bersama SKPA seperti ini bisa terus diadakan rutin, karena melihat dari segi manfaatnya tadi. Jadi Masyarakat bisa langsung menikmati atau terbantu dengan program ini.” pungkasnya.(*)