Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Peduli Kesehatan, Pemerintah Gampong Keude Matangkuli Gelar Posyandu Lansia

240
×

Peduli Kesehatan, Pemerintah Gampong Keude Matangkuli Gelar Posyandu Lansia

Sebarkan artikel ini

Aceh Utara, AcehGlobalnews.com — Sebagai salah satu wadah pelayanan untuk warga lanjut usia (lansia), Pemerintah Gampong Keude Matangkuli, Kecamatan Matangkuli, Kabupaten Aceh Utara, mengadakan kegiatan Pos Pelayanan Terpadu Lanjut Usia (Posyandu Lansia), Kamis (22/9/2022).

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Gedung Serba Guna itu dibuka langsung oleh Geuchik Gampong Keude Matangkuli yang diikuti oleh puluhan warga masyarakat lanjut usia sebagai peserta kegiatan.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Selain itu, juga turut hadir Kepala Puskesmas Matangkuli Dr. Nalia Nova, Pemegang Promkes Pukesmas Matangkuli Hj. Nurhaida, S.KM, Bidan Desa Habibah Hayati, A.Md.Keb, TAPM P3MD Aceh Utara Fachrurriza, SIP, Geuchik Keude Matangkuli H. Ibnu Sa’dan, dan para Aparatur Gampong setempat.

Pelayanan yang diberikan dalam kegiatan Posyandu Lansia melalui program dan kadernya pada dasarnya bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup para orang tua yang lebih rentan terhadap penyakit.

Baca Juga :   Wamentan RI Panen Raya Bersama Seribu Petani di Abdya

Geuchik Gampong Keude Matangkuli H. Ibnu Sa’dan mengatakan, bahwa kesehatan masyarakat sangat penting diperhatikan. Katanya, kesehatan merupakan milik kita yang paling berharga. Oleh karena itu sangat penting kepedulian terhadap kesehatan, khususnya Lansia, dan seluruh masyarakat pada umumnya.

“Jadi masalah kesehatan merupakan aspek yang sangat penting yang perlu diperhatikan pada kehidupan para lanjut usia,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Pukesmas Matangkuli dr. Nalia Nova mengatakan, adapun kegiatan yang dilaksanakan secara umum selain memberikan penyuluhan tentang kesehatan juga ada beberapa jenis pelayanan yang diberikan dalam Posyandu Lansia ini.

“Seperti Pelayanan Kesehatan yang melakukan pemeriksaan kondisi mental, penimbangan berat badan, pengukuran tekanan darah, pemeriksaan laboratorium sederhana yang meliputi pemeriksaan asam urat, kolesterol dan gula darah,” jelasnya.

Baca Juga :   ASN di Abdya Diajak Jaga Netralitas dalam Pemilu dan Pilkada 2024
Kegiatan posyandu lansia di Gampong Keude Matangkuli

Pada kesempatan itu pula, Dr. Nalia juga menerangkan, bahwa tujuan Program Kesehatan Lanjut Usia adalah meningkatkan derajat kesehatan lanjut usia agar tetap sehat.

“Kita mengapresiasi Geuchik Keude Matangkuli atas kepedulian terhadap masyarakat, juga dalam mengadakan kegiatan Posyandu Lansia ini yang disertakan pengadaan alat kesehatan yang belum dimiliki oleh Gampong yang lainnya,” tambah Nalia.

Disela kegiatan, Hj. Nurhaida, S.KM selaku Pemegang Promosi Kesehatan (Promkes) memberikan pemaparan tentang “Dampak Bagi Kesehatan, Bila Anda Suka Merokok”.

“Bahaya merokok bukan hanya bagi diri sendiri, tetapi juga untuk orang lain. Oleh karena itu perlu hidup sehat dan bermanfaat untuk semuanya,” tuturnya.

Apresiasi dari Hj. Nurhaida juga tersampaikan kepada sosok Pemimpin Gampong Keude Matangkuli ini yang selalu berperan aktif dalam kepedulian terhadap masyarakat serta dalam memajukan Gampong yang dipimpinnya itu.

Baca Juga :   Gampong Kuta Tuha Blangpidie Gelar Musrenbang Desa TA 2022

“The best untuk Pak Geuchik Keude Matangkuli, rasanya Gampong Keude Matangkuli ini perlu menjadi sebagai Posyandu Prima Se-Aceh Utara,” ucapnya serta disambut tepuk tangan meriah oleh para peserta.

Kegiatan posyandu lansia di Gampong Keude Matangkuli

Hal senada juga disampaikan apresiasi oleh Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Program Pembangunan dan Pemberdayaan Desa(TAPM-P3MD) Aceh Utara Fachrurriza, SIP, kepada Geuchik Matangkuli.

“Kita sangat apresiasi dengan kerja Geuchik Gampong Keude Matangkuli, telah memanfaatkan Dana Desa untuk kebutuhan warga di desa khususnya menyangkut bidang kesehatan sebagaimana yang dilaksanakan hari ini pada kegiatan Posyandu Lansia,” ungkapnya.

“Dimana Program ini juga tersebut dalam SDGs Desa Poin 3 yaitu Desa Sehat dan Sejahtera. Semoga ini juga bisa menjadi contoh bagi desa-desa lain yang ingin melaksanakan program yang sama,” tutur Fachrurriza kepada awak media. (*)