Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
DaerahPolitik

Pengamat Politik: Kerja Panwaslih Abdya “Tergiling” Tahapan Pilkada

357
×

Pengamat Politik: Kerja Panwaslih Abdya “Tergiling” Tahapan Pilkada

Sebarkan artikel ini
Pengamat politik Ilman Syahputra menyebut kerja Badan Ad Hoc Panwaslih Pilkada 2024 di Abdya telah "tergiling" oleh tahapan-tahapan Pilkada yang sudah berjalan. (Foto Istimewa)

Blangpidie, Acehglobal – Pengamat politik menyebut kerja Badan Ad Hoc Panitia Pengawas Pemilihan (Panwaslih) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024 Kabupaten Aceh Barat Daya telah “tergiling” oleh tahapan-tahapan Pilkada yang sudah berjalan.

“Saat ini tahapan sudah berjalan, namun semua kita tau jika Badan ad hoc Panwaslih Pilkada Abdya belum dapat berkerja maksimal, karena masih terkendala pada Sekretariat, belum terbentuknya badan ad hoc seperti Panwascam, PKD hingga PTPS,” ujar pengamat politik Pilkada, Ilman Syahputra, S.Hi.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Hal itu diungkapkan Ilman saat memberikan materi pada kegiatan Sosialisasi dan Implementasi Produk Hukum Non Peraturan Bawaslu, yang dilaksanakan oleh Bawaslu Kabupaten Abdya di kantor Bawaslu setempat, Selasa (2/7/2024).

Baca Juga :   KPA Nagan Raya Sesalkan Kebijakan Penghancuran Situs Sejarah Aceh

Sepeti diketahui kata Ilman, penyebab tergilingnya kerja Panwaslih oleh tahapan Pilkada yang sudah berjalan tanpa ada pergerakan, dikarenakan belum kunjung cairnya anggaran hibah pengawasan Pilkada dari pemerintah kabupaten Aceh Barat Daya.

Menurut Ilman, ada ketakutan besar yang akan terjadi baik saat maupun sesudah pelaksanaan Pilkada Abdya nantinya, lantaran lembaga pengawas Pilkada tersebut tidak dapat bekerja maksimal dalam tahapan pengawasan.

Baca Juga :   Waktu dan Mutu jadi Sorotan Pj Bupati Abdya saat Tinjau Proyek Fisik Sekolah

“Jika penyelenggara Pilkada seperti Panwaslih tidak dapat bekerja maksimal, maka dikhawatirkan Pilkada itu akan cacat hukum. Disanalah akan ada celah-celah potensi keributan, seperti penolakan hasil Pilkada,” jelas mantan ketua Bawaslu Kabupaten Abdya itu.

Oleh karena itu, Ilman Sahputra meminta pihak eksekutif maupun legislatif Abdya untuk serius menyikapi persoalan yang dihadapi Panwaslih tersebut.

“Semoga segera dapat solusi dari pemerintah daerah, baik Pj Bupati atau DPRK Abdya terkait anggaran pengawasan Pilkada,” ucapnya.

Ketika ada usulan dari salah seorang peserta agar Pilkada Abdya ditunda, Ilman Sahputra spontan menjawab bahwa hal itu juga akan tidak baik untuk keberlangsungan demokrasi daerah.

Baca Juga :   Panwaslih Abdya Ajak Masyarakat Laporkan Pelanggaran Pemilu

“Jika Pilkada diusulkan ditunda, saya yakin ini bukan sebuah solusi baik, dari persoalan yang sedang dihadapi. Saran kami Panwaslih ed hoc Pilkada harus melakukan koordinasi dan sounding dengan lembaga vertikal Abdya seperti ke Dandim, Kapolres, KIP, DPRK dan lembaga pemerintahan lainnya,” tutur Ilman.

Terakhir Ilman juga mengajak semua kalangan masyarakat untuk secara partisipatif mengawasi tahapan-tahapan Pilkada agar berjalan sebagaimana mestinya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kordiv P3S Bawaslu Kabupaten Abdya, Rizwan, S.Hi.(*)

Simak berita dan artikel lainnya di Google News