Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaHeadline

Sejumlah Pejabat Polres Abdya Diganti, Iptu Rifki Jabat Kasat Reskrim

273
×

Sejumlah Pejabat Polres Abdya Diganti, Iptu Rifki Jabat Kasat Reskrim

Sebarkan artikel ini
Sejumlah pejabat utama di lingkungan Polres Abdya menjalani upacara Sertijab yang digelar di lapangan Mapolres setempat, Selasa (31/5/2022). (Dok. Humas Polres Abdya)

“Kehadiran pejabat baru pada satuan kerja harus dipandang sebagai bagian integral yang menjadi tanda semakin mantapnya tatanan manejerial SDM Polri, yang sangat bermanfaat bagi organisasi maupun bagi pejabat yang bersangkutan,” kata Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution.

Polres Aceh Barat Daya (Abdya) melakukan mutasi jabatan dengan mengganti lima pejabat utama dan satu Kapolsek.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Penggantian itu dilakukan melalui upacara serah terima jabatan (sertijab) yang dipimpin Kapolres AKBP Muhammad Nasution, SIK yang berlangsung di lapangan Mapolres setempat, Selasa (31/5/2022).

Adapun enam pejabat utama yang diganti di lingkungan Polres Abdya itu yakni Kabag Ren, Kabag SDM, Kasat Binmas, Kasat Reskrim, Kasat Samapta, dan Kapolsek Tangan-tangan.

Kasat Reskrim yang dulunya dijabat Iptu Rivandi Permana, saat ini diisi oleh Iptu Rifki Muslim. Sedangkan, Kasat Binmas, yang sebelumnya diduduki AKP Dwi Haryanta dipercayakan kepada Iptu Ali Kosasi.

Kabag Ren yang sebelumnya dijabat Kompol Sutrisman kini diganti oleh Kompol Syharal Handani. Kabag SDM yang dijabat Kompol Teuku Muhammad dilanjutkan oleh AKP Irwanto Harahap.

Selanjutnya, Kasat Samapta, yang sebelumnya diduduki Iptu Heydi diganti oleh Iptu Reka Teruna Hasra. Dan Kapolsek Tangan-tangan yang dijabat Iptu Alpon Lumban Raja, sekarang diisi oleh Ipda Asyari Eri.

Dalam upacara Sertijab ini, Kapolres AKBP Muhammad Nasution juga melantik tiga orang pejabat utama lain di jajaran Polres Abdya, yakni Kabag Log, Kasiwas dan Kasipropam Polres Abdya.

Untuk posisi Kabag Log ditempati oleh AKP Mirza Irianto, sedangkan Kasiwas diduduki oleh Iptu Usman Thaib, dan PS Kasipropam dijabat oleh Ipda Arham.

Dalam sambutannya, Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution, mengatakan mutasi jabatan ini merupakan upaya memelihara keselarasan dan keseimbangan dalam pengelolaan dinamika kinerja organisasi.

“Kehadiran pejabat baru pada satuan kerja harus dipandang sebagai bagian integral yang menjadi tanda semakin mantapnya tatanan manejerial SDM Polri, yang sangat bermanfaat bagi organisasi maupun bagi pejabat yang bersangkutan,” kata Kapolres.

Disamping itu, jelas Kapolres, mutasi jabatan juga harus diterjemahkan sebagai bentuk penyegaran pada satuan kerja Polri, yang menuntut komitmen dan tanggung jawab pejabat yang bersangkutan dapat menjalankan tugas, peran dan fungsi yang diamanahkan.

“Hal itu guna meningkatkan kinerja Polri dalam memelihara kambtibmas dan menegakkan hukum, serta melindungi masyarakat, mengayomi dan melayani masyarakat, sehingga terwujudnya Polri profesional, modern dan terpercaya sejalan dengan program prioritas Polri saat ini,” ungkapnya.

Kapolres juga mengatakan, acara sertijab yang dilaksanakan ini adalah hal yang biasa, karena merupakan tuntutan kebutuhan organisasi untuk meningkatkan dinamika operasional, manejerial dan kaderisasi kepolisian, khususnya dalam menghadapi tantangan kedepan yang semakin berat dan kompleks.

“Pergeseran dan pergantian pejabat juga untuk menjaga eksistensi organisasi dan terselenggaranya pembinaan personel dengan memberikan kesempatan seluas-luasnya bagi anggota Polri dalam pengembangan karir melalui jenja6 penugasan yang beragam,” sambung Kapolres.

Pada kesempatan itu, Kapolres menyampaikan ucapan terimakasih kepada para pejabat utama yang telah mengabdi dan mendedikasikan dirinya selama bertugas di Polres Abdya.

Ia juga mengucapkan selamat kepada pejabat Polres yang baru dilantik agar dapat menyesuaikan diri dan dapat meningkatkan kinerja di satuan masing-masing dengan tetap mengaju kepada program yang telah ditetapkan.

“Sehingga kehadiran Polri benar-benar dapat dirasakan manfaatnya oleh organisasi dan masyarakat,” demikian pungkas Kapolres.(*)

Baca Juga :   Mahasiswa yang Kembalikan Dana Beasiswa Tak Memenuhi Syarat Bertambah 11 Orang