Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaPendidikan

SMAN Unggul Tunas Bangsa Abdya Gelar Panen Karya Tema Anti Perundungan

257
×

SMAN Unggul Tunas Bangsa Abdya Gelar Panen Karya Tema Anti Perundungan

Sebarkan artikel ini
Kepala SMAN Unggul Tunas Bangsa Abdya, Naini Afrita, S.Pd Saat mengunjungi hasil karya sejumlah siswa di sekolah setempat. Foto : Acehglobal/Muhammad Nasir.

Blangpidie, Acehglobal – SMAN Unggul Tunas Bangsa Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar kegiatan Panen Karya guna membentuk penguatan profil pelajar Pancasila. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat (24/11/2023) di halaman sekolah setempat.

Kepala SMAN Unggul Tunas Bangsa, Naini Afrita mengatakan, kegiatan Panen Karya ini merupakan salah satu program kurikulum merdeka yang bertujuan untuk memperkuat profil pelajar Pancasila.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Profil pelajar Pancasila merupakan karakter-karakter yang diharapkan dimiliki oleh setiap pelajar Indonesia,” ujar Naini.

Ia berharap kegiatan Panen Karya ini dapat menjadi sarana bagi para siswa untuk mengembangkan diri dan membentuk karakter yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila.

Baca Juga :   Tiga Komisioner PAW KIP Nagan Raya Resmi Dilantik, Ini Pesan Pj Bupati

“Kami berharap kegiatan ini dapat melahirkan generasi yang unggul, tanggap, memiliki wawasan dan ide-ide yang cemerlang,” kata Naini.

Kegiatan Panen Karya pada SMAN Unggul Tunas Bangsa mengangkat tema bangun ‘Jiwa raganya’ dengan topik kampanye anti perundungan dilaksanakan melalui beberapa tahapan.

Tahap pertama adalah pembentukan koordinator projek, tahap kedua adalah pembentukan tim fasilitator, tahap ketiga adalah penyusunan modul ajar, dan tahap keempat adalah pelaksanaan P5.

Dalam pelaksanaannya, para siswa diberikan pemahaman konsep anti perundungan oleh para fasilitator yang berasal dari dewan guru. Selain itu, para siswa juga menggali informasi dari pihak lain terkait anti perundungan.

Baca Juga :   42 Mahasiswa STAI Tapaktuan Ikut Pembekalan KPM Berbasis PAR

Pihak-pihak yang dilibatkan dalam kegiatan ini antara lain Kepala DPMP4 Abdya, Nur Afni Muliana, S.Pd, Dokter dari RSUD TP dr. Rini, dan Psikolog Dini Islami, S.Psi.

Adapun produk yang dihasilkan para siswa pada kegiatan ini berupa karya benda dan karya non-benda. Karya benda yang dihasilkan berupa gantungan kunci, banner, spanduk, dan baliho. Sedangkan karya non-benda yang dihasilkan berupa puisi dan drama.

Baca Juga :   Polisi Selidiki Kasus Penimbunan BBM Bersubsidi di Aceh Tenggara

Perwakilan Komite Sekolah, Azhar mengatakan kegiatan Panen Karya ini diikuti oleh seluruh siswa kelas X dan XI yang telah menerapkan kurikulum merdeka dilaksanakan dalam rentang waktu 30 Oktober hingga 22 November 2023.

Panen karya siswa terkait P5 ini dilaksanakan dengan skema terpisah yaitu setelah kegiatan P5 berakhir pada satu tema maka langsung dilakukan pameran panen karya siswa.

“Panen karya siswa pada tema bangun jiwa raganya dilaksanakan pada 11 November 2023 sementara panen karya siswa pada tema kearifan lokal dilaksanakan pada tanggal 22 November 2023,” kata Azhar.(*)

Editor : Salman

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *