Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Tgk Muhammad Dahlan Kembali Pimpin MPU Abdya

227
×

Tgk Muhammad Dahlan Kembali Pimpin MPU Abdya

Sebarkan artikel ini
Tgk Muhammad Dahlan (Ist)

GLOBAL BLANGPIDIE – Tgk Muhammad Dahlan kembali dipercaya untuk memimpin Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) periode 2021-2026.

Tgk Muhammad Dahlan terpilih sebagai Ketua dalam Musyawarah Daerah (Musda) ke IV yang berlangsung di Aula Kantor MPU kabupaten setempat, Rabu (8/9/2021).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Musda dibuka oleh Wakil Bupati Abdya, Muslizar MT yang diikuti 22 peserta. Para peserta terdiri dari 9 peserta dari Kecamatan dan 10 dari Kabupaten.

Baca Juga :   Jelang Lebaran Idul Fitri, Harga TBS Sawit di Abdya Anjlok

Dalam Musda tersebut telah melahirkan 19 pengurus MPU Abdya, dan tiga orang ditetapkan sebagai Dewan Kehormatan Ulama (DKU).

Sementara, untuk jabatan Wakil Ketua MPU dipercayakan kepada Tgk Raimi Sulaiman dan Tgk Fakrijal SE. Selebihnya merupakan anggota.

Ketua MPU Abdya, Tgk Muhammad Dahlan dalam sambutannya mengatakan, pihaknya mengaku telah menjalankan sejumlah kegiatan selama dibawah kepimpinannya.

“Selama ini kami selalu bersinergi dengan pemerintah daerah untuk membangun kabupaten Abdya dan kami akan terus mendidik umat agar selalu berada dalam tuntunan syariat dan jauh dari perilaku menyimpang,” katanya.

Baca Juga :   Jalin Sinergitas, Dandim Simeulue Gelar Silaturahmi Bersama Insan Pers

Sementara itu, Wakil Bupati Abdya Muslizar MT menuturkan, ulama merupakan pewaris nabi menyebarkan risalah Allah SWT, sumber ilmu, sebagai pembimbing, pembina dan pemersatu umat serta sebagai mitra konsultasi pemerintah.

“Hampir semua urusan yang menyangkut dengan kemaslahatan umat, pasti melibatkan ulama. Begitu juga dalam menyelesaikan berbagai permasalahan lainnya, seperti menangani dan mendamaikan sengketa serta konflik yang terjadi dalam masyarakat. Maka dari itu, diperlukan langkah regenerasi atau pengkaderan ulama,” ungkap Wabup.

Baca Juga :   Zalsufran Diusulkan jadi Calon Pj Bupati Aceh Barat

Wabup Muslizar juga mengatakan, salah satu upaya regenerasi yaitu dengan menumbuhkan minat pada pendidikan dayah di kabupaten ini.

“Hadirnya, alumni pendidikan dayah nanti, kiranya dapat memenuhi harapan masyarakat akan hadirnya ulama-ulama baru yang mampu menyesuaikan diri dengan dinamika kehidupan masyarakat yang terus berkembang pada saat era ini,” ujarnya. (*)