Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

TPQ Baitul Hufaazh Al Qalam Gelar Lomba Festival Anak Shaleh

587
×

TPQ Baitul Hufaazh Al Qalam Gelar Lomba Festival Anak Shaleh

Sebarkan artikel ini

Blangpidie, Acehglobalnews – TPQ Baitul Hufaazh Al Qalam melaksanakan kegiatan Lomba Festival Anak Sholeh 2022. Kegiatan ini berlangsung di halaman TPQ setempat di Gampong Gadang, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Lomba festival anak sholeh di Baitul Hufaazh Al Qalam mengusung tema “Mencetak generasi religius yang berakhlak Qur’ani,” dirangkai dengan sejumlah cabang perlombaan yang diikuti oleh ratusan santri di TPQ tersebut.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Adapun cabang perlombaan diantaranya, lomba tahfidz Al Qur’an 1 juz – 3 juz, tartil, tilawah, adzan, doa sehari-hari, hafalan surat pendek, lomba pidato dalam bahasa Indonesia dan bahasa Arab. Kemudian lomba cerita islami, dan mufrodat bahasa Arab, serta lomba bacaan hadist pilihan.

Baca Juga :   Polres Abdya Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2021

Direktur TPQ Baitul Hufaazh Al Qalam, Eka Satria, S.Pd, menyebutkan kegiatan festival anak shaleh ke-2 tahun 2022 ini digelar selama sepekan yang diikuti oleh 150 orang santri.

“Kegiatan festival anak sholeh diadakan setiap tahun di TPQ Baitul Hufaazh, yang bertujuan untuk mencari potensi minat bakat para santri, dan melatih mereka untuk berani tampil di hadapan umum,” kata Eka Satria dalam sambutannya saat penutupan lomba festival anak sholeh, Minggu (20/11/2022).

Direktur TPQ Baitul Hufaazh Al Qalam, Eka Satria, S.Ps menyampaikan sambutannya saat penutupan lomba festival anak sholeh di halaman TPQ setempat, Minggu (20/11/2022). (Foto: AGN/Sal)

Kesempatan itu, Eka Satria menyampaikan ucapan terimakasih kepada Keuchik Gampong Gadang dan orang tua wali santri yang telah mensupport kegiatan festival anak shaleh sehingga berjalan dengan baik dan sesuai harapan.

Baca Juga :   Reses Ketiga, Safaruddin Jaring Aspirasi Masyarakat Tangan-tangan Abdya

“Ucapan terimakasih selanjutnya kami sampaikan kepada para donatur yang telah membantu TPQ Baitul Hufaazh. Alhamdulillah, bantuan yang diberikan sangat bermanfaat untuk kegiatan belajar para santri,” ucapnya.

Eka Satria menjelaskan, di Baitul Hufaazh menggunakan metode belajar dengan satu orang guru membimbing 10 orang santri. Ia juga menyebut di Baitul Hufaazh telah ada program tahsmit.

“Harapan kami para donatur, wali santri dan para undangan agar dapat mendukung dan membantu Baitul Hufaazh dalam segala hal agar TPQ ini terus melahirkan generasi qur’ani, penghafal al-qur’an dan bisa hafidz 30 juz,” katanya.

Baca Juga :   Warga Durian Rampak Susoh Kompak Kumandangkan Takbir Idul Fitri 1443 H

Sementara itu, Dewan Penasihat dan Pengawas TPQ Baitul Hufaazh, Erdiwar, S.Pd, M.Pd, mengapresiasi kegiatan Festival Akan Sholeh ini karena menurutnya menjadi media dalam mencari potensi minat bakat para santri.

Erdiwar menyampaikan dalam ajang perlombaan ini tidak ada yang menang dan kalah. Namun, semua santri yang mengikuti perlombaan tersebut adalah juara.

“Harapan kami kepada para santri agar terus menghafal Al-Quran, terus belajar. Semoga menjadi santri yang terbaik di masa akan datang,” pungkasnya. (*)