Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerahKesehatan

Wabah DBD di Abdya, Puluhan Warga Terserang, 2 Dirujuk ke Banda Aceh

828
×

Wabah DBD di Abdya, Puluhan Warga Terserang, 2 Dirujuk ke Banda Aceh

Sebarkan artikel ini
Keuchik Gampong Iku Lhung, Basri. (Foto: Acehglobal/Mhd. Nasir)

BLANGPIDIE — Wabah Demam Berdarah Dengue (DBD) menyerang puluhan warga Gampong Iku Lhung, Kecamatan Jeumpa, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Sebanyak sembilan orang warga setempat saat ini tengah menjalani perawatan intensif di rumah sakit setempat, dua di antaranya dirujuk ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) dr. Zainoel Abidin Banda Aceh.

Keuchik Gampong Iku Lhung, Basri, mengatakan, wabah DBD mulai menyerang warganya sejak dua pekan lalu. Saat ini, akibat terserang DBD, sembilan warganya masih dirawat di rumah sakit.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Dari sembilan orang yang dirawat, dua orang sudah dirujuk ke Banda Aceh dan satu orang lagi mungkin akan diberangkatkan besok,” kata Basri kepada Acehglobal, Jumat (15/9/2023).

Baca Juga :   Dua Utusan Aceh Utara Raih Anugerah Penyuluh Agama Award Kemenag Aceh 2023

Basri mengaku, pihak dinas kesehatan setempat telah melakukan fogging atau pengasapan di beberapa rumah warga. Namun, ia menilai upaya tersebut belum maksimal karena hanya dilakukan di beberapa rumah.

“Kami berharap pihak dinas kesehatan dapat melakukan fogging secara menyeluruh agar tidak semakin banyak korban yang terserang DBD,” kata Basri.

Baca Juga :   8 KK Jadi Korban Kebakaran Blangpidie Abdya, Satu Keluarga Kepala Dusun

Salah seorang warga, Sudirman, mengaku salah satu anaknya, Nurul, menjadi salah satu korban wabah DBD. Nurul sudah menjalani perawatan selama beberapa hari di rumah sakit dan kini sudah diperbolehkan pulang.

“Alhamdulillah anak saya sudah sembuh, tapi kondisinya masih lemas,” kata Sudirman.(*)

Editor: Salman