Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

98 Calon Haji Abdya Tergabung dalam Kloter 12, Berangkat ke Tanah Suci Awal Juni

106
×

98 Calon Haji Abdya Tergabung dalam Kloter 12, Berangkat ke Tanah Suci Awal Juni

Sebarkan artikel ini

"Pada tanggal 8 Juni 2024, seluruh JCH Abdya akan diberangkatkan ke Banda Aceh," ujar Kepala Kantor Kemenag Abdya, Dr. Salman Alfarisi.

Para jamaah calon haji asal Abdya pada saat penutupan bimbingan manasik haji 2024 tingkat Kecamatan. (Foto: Dok Kemenag Abdya)

Blangpidie, Acehglobal — Sebanyak 98 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) akan diberangkatkan ke tanah suci Makkah pada awal bulan Juni 2024.

Kasie Penyelenggara Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag Abdya, Agus Suryadi S.Ag, M.Pd menyebutkan, 98 JCH Abdya tersebut tergabung dalam kloter 12 bersama Kabupaten Aceh Selatan, Subulussalam, Singkil, Simeulue dan Banda Aceh.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“JCH Abdya yang berangkat tahun 2024 berjumlah 98 orang. JCH Abdya tergabung di kloter 12. Mereka akan bertolak ke Makkah pada awal Juni ini,” kata Agus, dikutip distori.id, Rabu (9/5/2024).

Baca Juga :   Asisten II Setdakab Abdya Minta Pelayanan Kesehatan RSUTP Maksimal dan Non Diskriminatif

Dia menjelaskan, jumlah JCH Abdya mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2023 yang berjumlah 61 orang, sementara tahun 2024 sebanyak 101 orang.

“Namun, karena ada yang meninggal dan beberapa kendala pada pelimpahan porsi sehingga jumlah JCH yang sebenarnya berangkat ke tanah suci menjadi 98 orang,” ujarnya.

Agus menyebutkan, dari 101 CJH Abdya itu sebanyak 3 orang yang meninggal dunia, 1 orang berhasil pelimpahan porsi dan 2 lagi tidak berhasil karena deadline pemvisaan tidak terkejar.

Agus juga merincikan, dari 98 CJH yang akan berangkat ke tanah suci, diantaranya laki-laki berjumlah 32 orang dan perempuan 66 orang.

Baca Juga :   BPKP Aceh : Lemahnya Pengawasan Pengelolaan Dana Desa Masih Terjadi

Selanjutnya JCH Abdya dengan usia termuda atas nama Misbahul Munir (24 tahun) asal Gampong Meudang Ara, Kecamatan Blangpidie

“Sementara yang tertua berusia 89 tahun atas nama Ramlah Yong Cut asal Gampong Padang Sikabu, Kecamatan Kuala Batee,” sebut Agus.

Sebelum keberangkatan, Kemenag Abdya telah melaksanakan kegiatan bimbingan manasik haji selama 4 hari, dari 22 hingga 25 April 2024, di Masjid Pusaka Kecamatan Susoh.

Kepala Kankemenag Abdya, Dr Salman Alfarisi mengatakan, keberangkatan 98 CJH tersebut akan dipusatkan di satu titik lokasi yang akan ditentukan oleh pihak Kemenag Abdya.

Baca Juga :   66 Calon Jamaah Haji Abdya Siap Diberangkatkan ke Tanah Suci

“Insyaallah pada tanggal 8 Juni 2024 seluruh jemaah calon haji Abdya akan berangkat ke Banda Aceh,” ujar Salman Alfarisi.

Salman menambahkan, keberangkatan JCH Abdya akan dikawal hingga masuk ke Asrama Haji di Banda Aceh. Ia berpesan kepada JCH untuk menjaga kesehatan dan menjadi haji yang mabrur

“Untuk keberangkatan dari Abdya akan kami kawal hingga Banda Aceh. Kami ingatkan kepada jemaah calon haji untuk menjaga kesehatan dan semoga menjadi haji yang mabrur,” pesan Salman. (*)