Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Ambruknya Keramik Lantai Dasar Masjid Agung Abdya Kian Melebar

537
×

Ambruknya Keramik Lantai Dasar Masjid Agung Abdya Kian Melebar

Sebarkan artikel ini
Kondisi keramik lantai dasar masjid Agung Baitul Ghafur Abdya yang kian melebar copot alias ambruk. Foto: Salman/Acehglobalnews.

“Copotnya sudah semakin melebar. Kita khawatir akan terus menjalar ke keramik lainnya,” ungkap Samsul.

BLANGPIDIE – Keramik lantai dasar Masjid Agung Baitul Ghafur di Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) mulai ambruk ke dasar tanah. Ambruknya keramik di masjid kebanggaan masyarakat Abdya itu, kini kian melebar.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Pantauan Acehglobalnews, sebelumnya keramik yang ambruk itu hanya sepanjang 1,5 meter. Namun, kini sudah mencapai 3 meter yang telah ambruk. Tidak tertutup kemungkinan keramik lainnya juga ikut terancam copot.

Salah seorang pengunjung Masjid Agung, Samsul mengaku merasa khawatir dengan kondisi telah mulai ambruknya keramik lantai dasar Masjid Agung Abdya.

“Copotnya sudah semakin melebar. Kita khawatir akan terus menjalar ke keramik lainnya,” ungkap Samsul, Kamis (4/5/2023).

Keramik yang telah ambruk ke dasar tanah itu sedalam 30 cm. Saat ini jumlah keramik yang copot sudah sebanyak 5 keramik.

“Sementara ukurannya 60×60 cm per keramik. Jadi sudah sepanjang 3 meter yang telah copot,” jelasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh salah seorang warga yang berkunjung ke masjid Agung menghadiri acara akad pernikahan familinya, pada Kamis, menjelang siang.

Kondisi keramik lantai dasar masjid Agung Baitul Ghafur Abdya yang kian melebar copot alias ambruk. Foto: Salman/Acehglobalnews.

Menurutnya, kondisi keramik yang rusak dan ambruk itu kian parah. Apalagi pengunjung kerap membawa anak-anak mereka dan bermain di lantai dasar.

“Sangat menyayangkan kondisi keramik yang telah ambruk tersebut, semoga cepat diperbaiki ya,” ucapnya singkat, seraya menyebut namanya jangan ditulis di media ini.

Menurut salah seorang pengurus/pengelola Masjid, Ruslan, penyebab ambruknya keramik lantai dasar Masjid Agung dikarenakan struktur tanah bawah telah kosong.

“Kalau tidak salah di lokasi keramik yang copot itu ada pangkal batang kayu. Karena sudah lama akhirnya membusuk sehingga terjadi longsor (kosong),” terangnya.

Ruslan juga mengatakan, pihaknya tidak memiliki wewenang untuk menangani hal tersebut lantaran untuk proses perawatan bangunan masjid telah menjadi tanggung jawab Dinas Perkim Abdya.

“Kami hanya menanggulangi kebersihan dan honor pengelola masjid saja, untuk pemeliharaan masuk ke ranah Perkim,” tuturnya.

Hingga berita ini tayang, Acehglobalnews belum mendapat keterangan lebih lanjut dari Dinas Perkim Abdya. (*)

Editor : Salman

Baca Juga :   Diduga Salahgunakan, Pelaku Usaha Bakso di Subulussalam Akhirnya Copot Sendiri Lampu PJU