Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Bereh! Ormawa FSH UIN Ar-Raniry Banda Aceh Gelar Sejumlah Kegiatan Positif di Abdya

500
×

Bereh! Ormawa FSH UIN Ar-Raniry Banda Aceh Gelar Sejumlah Kegiatan Positif di Abdya

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa yang tergabung dalam Ormawa FSH UIN Ar-Raniry Banda bersua foto usai acara puncak dan penutupan kegiatan di halaman masjid Baitul Qahhar Desa Durian Rampak, Kecamatan Susoh, Abdya, Rabu (19/7/2023). Foto: Acehglobal/Salman.

BLANGPIDIE – Organisasi Mahasiswa (Ormawa) Fakultas Syariah dan Hukum (FSH) UIN Ar-Raniry Banda Aceh menggelar sejumlah program positif kemahasiswaan dalam rangka implementasi Tri Dharma Perguruan tinggi dengan melakukan pengabdian masyarakat di beberapa titik lokasi dalam wilayah Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Ketua Panitia Pelaksana, Aulia Rahmatullah mengatakan rangkaian kegiatan yang telah dilaksanakan pada program Ormawa FSH UIN Ar-Raniry di Kabupaten Abdya ini berlangsung selama 3 hari sejak tanggal 17 – 19 Juli 2023 dan dipusatkan di beberapa titik lokasi.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Rangkaian kegiatan yang telah kami laksanakan diantaranya bakti sosial dilaksanakan pada Senin (17/7) yaitu melakukan aksi bersih-bersih pantai di lokasi PPI Ujong Serangga Susoh bersama kepolisian dari Polres Abdya,” ujar Aulia kepada Acehglobal, Rabu (19/7/2023) malam.

Selain itu, lanjut Aulia, Ormawa FSH UIN Ar-Raniry Banda Aceh juga melaksanakan kegiatan penyuluhan hukum dan sosialisasi narkoba yang dilaksanakan di dua lokasi yakni di Desa Durian Rampak, Susoh dan Desa Alue Padee, Kuala Batee.

Pada Senin (17/7) siang, kegiatan tersebut digelar di Gedung Serbaguna Desa Durian Rampak dengan tema “Dilematika Pernikahan: Nikah Muda? Atau Telat Nikah? dengan menghadirkan pemateri Ketua Mahkamah Syariah (MS) Blangpidie, Muhammad Nawawi, SHI, MH.

Baca Juga :   Turnamen Futsal Liga Itek Cup II Gampong Kuta Bahagia Resmi Bergulir

Selanjutnya, pada Selasa (18/7) esoknya Ormawa FSH menggelar kegiatan Saweu Sikula. Kegiatan ini dikoordinir langsung oleh masing-masing Ketua lembaga di lingkungan FSH UIN Ar-Raniry. Kegiatan ini juga dikemas Latihan Kepemimpinan Dasar (LKD) bagi para siswa siswi SMA Negeri Unggul Harapan Persada Abdya.

“Kemudian, pada Rabu (19/7) esoknya lagi, kami juga melaksanakan kegiatan sosialisasi bahaya narkoba dan pencegahannya kepada masyarakat di Desa Alue Padee, dengan pemateri dari Kasat Resnarkoba Polres Abdya, Bapak Iptu Hengki Harianto, SH, MH,” kata Aulia.

Bukan hanya itu saja, rangkaian kegiatan lain juga dilakukan Ormawa FSH UIN Ar-Raniry Banda Aceh yaitu perlombaan bagi anak-anak di Desa Durian Rampak. Kegiatan ini adalah kegiatan penutup dalam rangka memperingati 1 Muharram 1445 H pada Rabu (19/7) siang.

Pada malamnya, acara peringatan pergantian tahun baru Islam juga dirangkai dengan siraman rohani yang disampaikan oleh penceramah Ust H. Roni Haldi, Lc (Kepala KUA Kecamatan Susoh) di masjid Baitul Qahhar Desa Durian Rampak.

“Acara tersebut merupakan acara puncak penutupan dan sekaligus dilakukan penyerahan hadiah kepada anak-anak pemenang perlombaan. Adapun cabang yang diperlombakan yakni lomba Azan, hafalan surat pendek dan doa sehari-hari,” tambah Ketua Senat Mahasiswa (SEMA) FSH UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Ramzi.

Baca Juga :   Nasabah Apresiasi Pelayanan Bank Aceh Syariah

Putra kelahiran Desa Durian Rampak ini juga menuturkan bahwa kegiatan yang telah dilaksanakan pihaknya tersebut berjalan dengan lancar dan sukses tanpa adanya hambatan apapun dan tentunya itu berkat atas bantuan serta dukungan dari pemerintah desa Durian Rampak dan juga masyarakat setempat.

Disamping itu, katanya, sejumlah rangkaian kegiatan itu juga tidak terlepas dari kerjasama yang apik antara beberapa organisasi mahasiswa di lingkungan FSH UIN Ar-Raniry Banda Aceh yang meliputi SEMA FSH, DEMA FSH, HIMAMUKUM, HIMAPI, HIMAHESA, HIMATARA, HIMAHUKA, HIMAPERMA, dan Komunitas Peradilan Semu (KPS).

“Jumlah mahasiswa-mahasiswi yang mengikuti kegiatan ini ada 50 orang. Mereka semuanya dari berbagai lembaga Ormawa di kampus FSH,” ungkap Ramzi anak dari pasangan Ahmad Yani dan Soraya itu.

Ia berharap dengan adanya kegiatan sosialisasi penyuluhan hukum dan bahaya narkoba dapat memberikan kesadaran bagi seluruh masyarakat tentang dampak penyalahgunaan narkoba guna menyelamatkan generasi bangsa Indonesia dari kungkungan barang haram tersebut.

Baca Juga :   Jawara Internet Sehat Akan Gelar Road Show Literasi Digital di Abdya, Yuk Buruan Daftar!

“Dengan kegiatan Ormawa, dibeberapa desa yang ada di Abdya semoga bisa memberikan dampak positif dan bersama-sama menjaga generasi bangsa kita ke arah yang lebih baik,” tutur Ramzi.

Ucapan terima kasih juga disampaikan Ramzi kepada masyarakat Abdya khususnya masyarakat Desa Durian Rampak yang telah memberikan tempat kepada mahasiswa FSH untuk melaksanakan pengabdian masyarakat tersebut.

“Terimakasih juga kami sampaikan kepada Keuchik dan seluruh unsur perangkat Desa dan pemuda yang telah mensupport program kegiatan kami, dan mohon maaf jika selama ini keberadaan kami ada yang tidak berkenan di hati masyarakat, maklum kami mahasiswa masih sedang belajar,” ucapnya.

Pada malam peringatan 1 Muharram 1445 H di Masjid Baitul Qahhar Desa Durian Rampak juga dikemas dengan kegiatan santunan anak yatim oleh Ormawa FSH UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Adapun anak yatim yang disantuni berjumlah 15 orang.

Turut hadir pada malam kegiatan peringatan 1 Muharram tersebut, Dekan FSH Dr. Kamaruzaman, M.Sh, Wadek III Dr. Ali Abu Bakar, M.Ag, dan jajarannya, Keuchik Durian Rampak diwakili Sekdes Rian Andika, Sekcam Susoh Hamdani, dan unsur perangkat Desa, serta masyarakat desa setempat.(*)

Editor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *