Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Forum Jurnalis Abdya Edukasi Siswa tentang Menyikapi Berita Hoaks

376
×

Forum Jurnalis Abdya Edukasi Siswa tentang Menyikapi Berita Hoaks

Sebarkan artikel ini
Foto bersama wartawan yang tergabung dalam Forum Jurnalis Abdya dengan para siswa pada kegiatan "ForJA Saweu Sikula" di sekolah MTsS Pasar Kota Bahagia, Kecamatan Kuala Bate, Rabu (13/12/2023). Foto: Acehglobal/M. Nasir.

Blangpidie, Acehglobal – Forum Jurnalis Aceh Barat Daya (ForJA) menggelar kegiatan “ForJA Saweu Sikula” di Madrasah Tsanawiyah Swasta (MTsS) Pasar Kota Bahagia, Kecamatan Kuala Bate, Rabu (13/12/2023).

Kegiatan tersebut diikuti oleh ratusan siswa-siswi MTsS Pasar Kota Bahagia. Narasumber yang hadir dalam kegiatan tersebut adalah Sekretaris ForJA, Muhammad Taufik, Syamsurizal, Mustafaruddin, dan Yusnizar.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dalam paparannya, Taufik menyampaikan bahwa menjelang Pemilu 2024, akan banyak beredar berita hoaks di media sosial. Oleh karena itu, ia mengimbau kepada siswa-siswi untuk berhati-hati dan tidak mudah percaya dengan berita yang belum jelas kebenarannya.

Baca Juga :   Mulai Besok Polda Aceh Gelar Operasi Lilin Seulawah 2021, Berakhir 2 Januari 2022

“Cek dulu kebenaran berita tersebut dengan mencari sumber informasi yang terpercaya. Pastikan media yang memuat berita tersebut adalah media yang terverifikasi Dewan Pers,” kata Taufik.

Taufik juga mengingatkan siswa-siswi untuk bijak dalam menggunakan media sosial. Jangan asal membagikan berita yang belum jelas kebenarannya, karena bisa saja berita tersebut adalah hoaks.

Baca Juga :   Vonis Bebas Pemerkosa Anak Dibawah Umur, KY Diminta Periksa Hakim MS Blangpidie

“Jaga juga jari kita, jangan asal membagikan postingan. Jadilah pengguna media sosial yang bijak dan teliti,” sebutnya.

Selain itu, Taufik juga berpesan kepada siswa-siswi untuk menghindari hal-hal yang dilarang, seperti merokok, narkoba, dan melawan guru.

“Hindari itu semua, karena bisa merugikan diri sendiri dan orang lain. Sayangi guru-guru kalian, karena mereka sangat menyayangi kalian,” pesan Taufik.

Baca Juga :   Bantu Ekonomi Masyarakat, Gampong Lhung Tarok Kembali Salurkan BLT DD

Kegiatan “ForJA Saweu Sikula” tersebut disambut antusias oleh siswa-siswi MTsS Pasar Kota Bahagia. Para siswa mengaku mendapatkan banyak ilmu dan pengetahuan baru dari kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi kami. Kami jadi tahu bagaimana cara membedakan berita hoaks dan berita yang benar,” kata salah seorang siswa.(*)

Editor : Salman