Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
DaerahPemilu 2024

Hasil Pileg 2024, 14 Wajah Baru Bakal Duduki Kursi DPRK Abdya

344
×

Hasil Pileg 2024, 14 Wajah Baru Bakal Duduki Kursi DPRK Abdya

Sebarkan artikel ini
Gambar Ilustrasi (foto: net/Ist)

Blangpidie, Acehglobal — Hasil rekapitulasi suara Pemilu Legislatif (Pileg) 2024 untuk Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Barat Daya (Abdya) telah dirampungkan oleh KIP Abdya pada Rabu (28/2/2024) malam.

Dari 25 kursi yang tersedia, 14 di antaranya akan diduduki oleh wajah-wajah baru.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Berdasarkan Model D Hasil KABKO-DPRK yang dirilis KIP Abdya, 25 caleg dengan suara terbanyak bakal menduduki kursi DPRK periode 2024-2029.

Dari 3 daerah pemilihan (dapil) di Abdya, terdapat pergeseran signifikan dengan munculnya banyak pendatang baru.

Baca Juga :   DPRK Tetapkan Lima Anggota KIP Abdya, Ini Nama-namanya

Di Dapil 1 yang meliputi Kecamatan Blangpidie, Susoh, dan Jeumpa, terdapat 6 orang caleg wajah baru dengan suara terbanyak.

Mereka adalah Dedi Saputra, S.Ag (Gerindra), Said Rian Suherza (PAN), Jasman, S.ST (PA), Rahmat Irfan (PPP), Deviyani (Partai Gelora), dan Kasyful Wara (Gerindra).

Sementara itu, 4 kursi lainnya diisi oleh caleg petahana, yaitu Zulkarnaini (PBB), Syarifuddin (Demokrat), Justar YS (Golkar), dan Yusdarman (NasDem) yang baru saja dilantik melalui PAW menggantikan almarhum Muslim, S.Pd.

Baca Juga :   Pleno KIP Tuntas, Ini Nama-nama Caleg DPRK Abdya Peraih Suara Terbanyak

Kemudian, di Dapil 2 yang meliputi Kecamatan Setia, Tangan-tangan, Manggeng, dan Lembah Sabil, terdapat 3 orang wajah baru yang berhasil lolos ke DPRK. Mereka adalah Khairunnas / Anas Ban (PKB), Rizal Husaini (PDA), dan Roni Guswandi (Gerindra).

Sedangkan 5 kursi lainnya diraih oleh caleg petahana, yaitu Nurdianto (Partai Demokrat), Sardiman (PA), Agusri Samhadi (Golkar), Mukhlis AW (PNA), dan Said Abbas (PAN).

Selanjutnya, di Dapil 3 yang meliputi Kecamatan Babahrot, dan Kuala Batee, terdapat 5 orang caleg wajah baru yang menduduki kursi DPRK.

Baca Juga :   DPRK Abdya Desak Bupati segera Bagikan Tanah Eks HGU PT CA

Mereka adalah Zulkifli Ali (NasDem), Tanzilurrahman, S.Pd.I (Gerindra), Tgk Mustiari / Mus Sedong (PA), Muhibpudin (PKB), dan Mukhlis MS (Golkar).

Hanya 2 kursi di dapil ini yang diraih oleh caleg lama, yaitu Syarkawi (Demokrat) dan Syarifuddin / Buyong Ie Mirah (PNA).

Masuknya 14 wajah baru ke DPRK Abdya diharapkan dapat membawa angin segar dan ide-ide baru dalam pembangunan daerah. Masyarakat Abdya menaruh harapan besar kepada para wakil rakyat terpilih untuk dapat bekerja sama dengan baik dan mengedepankan kepentingan rakyat.(*)