Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Kesehatan

Mahasiswa KKN Unsyiah Cek Kesehatan Hewan Qurban

225
×

Mahasiswa KKN Unsyiah Cek Kesehatan Hewan Qurban

Sebarkan artikel ini
Mahasiswa KKN Unsyiah melakukan pengecekan kesehetan hewan qurban di Gampong Durian Rampak, Susoh (Foto: Acehglobalnews.com)

BLANGPIDIE, ACEHGLOBAL – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Universitas Syiah Kuala (Unsyiah) Banda Aceh melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap hewan qurban sebelum disembelih pada hari raya Idul Adha 1442 Hijriah.

Kegiatan tersebut dilakukan oleh mahasiswa KKN yang melaksanakan pengabdian sosial di Gampong Durian Rampak, Kecamatan Susoh, Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya).

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

T. Daryansyah, Koordinator Mahasiswa KKN Gampong Durian Rampak, Selasa (20/7/2021), mengatakan pihaknya melakukan pemeriksaan kesehatan pada beberapa ekor hewan qurban pada hari raya Idul Adha.

“Monitoring hewan qurban merupakan salah satu rangkaian dari kegiatan pengabdian kita untuk masyarakat sebagai salah satu syarat untuk ujian sarjana di kampus,” tuturnya.

Ada sebanyak 15 ekor hewan qurban yang disembelih oleh masyarakat, namun katanya yang menjadi sampel objek pemeriksaan hanya beberapa hewan qurban dari jenis kerbau dan sapi saja.

Baca Juga :   Puskesmas Babahrot jadi Satu-satunya Puskesmas Ramah Anak di Abdya

Daryansyah juga menjelaskan, pada kegiatan monitoring hewan qurban tersebut, ia dan rekan-rekannya melakukan pemeriksaan antemortem dan posmortem.

“Kita mengidentifikasi ektoparasit dan endoparasit yang terdapat pada hewan qurban dengan tujuan untuk kepentingan kesehatan warga saat mengkonsumsi daging qurban,” terangnya.

Baca Juga :   Kasus Covid-19 di Aceh Melonjak, RSUZA Banda Aceh Tambah Ruang Rawat Pasien

Ia menyebutkan, dalam kegiatan KKN di Gampong Durian Rampak itu, selain dirinya juga terdapat dua orang temannya yang merupakan mahasiswa dari jenjang S-1 Fakultas Kedokteran Hewan Unsyiah.

“Selain saya pak, ada Adisti Fikra dan Widya Nur Hidayati. Jadi kita bertiga ditugaskan untuk melakukan pengabdian di Gampong Durian Rampak, Susoh ini,” pungkasnya.[]