Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Otomotif

Musuh Bebuyutan, Lebih Laris Mana Pajero Sport atau Fortuner?

271
×

Musuh Bebuyutan, Lebih Laris Mana Pajero Sport atau Fortuner?

Sebarkan artikel ini
Mitsubishi Pajero Sport dan Toyota Fortuner (MMKSI, TAM)

ACEHLOBALNEWS.com – Pasar segmen Sport Utility Vehicle (SUV) dalam beberapa tahun terakhir terus tumbuh dan cukup diminati selain MPV. Bodi bongsor, ground clearance tinggi, serta tampang yang macho merupakan beberapa alasan kenapa banyak orang memilih mobil ini. Apalagi kini ada pilihan 7 penumpang.

SUV sendiri punya sub-segmen sesuai kebutuhan konsumen. Kategorinya ditentukan dari ukuran mobil atau tipe sasis yang dipakai, seperti SUV kompak, SUV medium, LSUV, serta SUV ladder frame.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Kategori terakhir itu saat hanya diisi oleh Toyota Fortuner dan Mitsubishi Pajero Sport. Keduanya saling bersaing ketat sejak Mitsubishi memperkenalkan Pajero Sport pertama kali di tahun 2009 silam.

Berdasarkan data wholesales Gaikindo bulan Juli, Mitsubishi Pajero Sport belum mampu menggoyahkan tahta Toyota Fortuner. Sepanjang Juli, Fortuner terjual sebanyak 2.186 unit, sedangkan Mitsubishi hanya 1.441 unit.

Baca Juga :   PT EAS Bermitra dengan RKCA Pasarkan Mobil Mahindra di Kawasan Barsela Aceh

Tercatat varian Fortuner VRZ 2.4 TRD A/T DSL menjadi penyumbang terbesar dengan angka 2.030 unit di bulan Juli. Capaian tersebut lebih tinggi daripada bulan Juni yang terjual 1.935 unit.

Menariknya, tipe Fortuner lain justru mengalami penurunan. Misalnya Fortuner VRZ 2.4 DSL A/T terjual 151 unit di bulan Juni, justru melorot menjadi 110 unit di bulan Juli.

Sementara itu penjualan Mitsubishi Pajero Sport juga menukik tajam pada bulan Juli. Model terlarisnya adalah Pajero Sport 2.4L DAKAR 4×2 dengan angka penjualan 1.135 unit, padahal di bulan sebelumnya mencapai 1.393 unit.

Baca Juga :   Ini Cara dan Syarat Mengurus SIM yang Hilang atau Rusak

Sementara  tipe termahal, Pajero Sport 2.4L DAKAR ULTIMATE 4×4 mengalami peningkatan. Jika di medio Juni tipe ini laku 173 unit, maka bulan berikutnya melonjak 286 unit. Namun kenaikan tersebut tidak menjadi modal untuk menggeser Toyota Fortuner sebagai SUV ladder frame terlaris. (*)