Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Panen Bawang Merah Perdana, Pj Bupati Aceh Utara Minta Geuchik Manfaat Dana Desa untuk Pengembangan Ekonomi

0
×

Panen Bawang Merah Perdana, Pj Bupati Aceh Utara Minta Geuchik Manfaat Dana Desa untuk Pengembangan Ekonomi

Sebarkan artikel ini
Bupati Aceh Utara Azwardi memperlihatkan bawang merah hasil panen petani di Gampong Ulee Geudong, Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Kamis (15/9/2022)

Lhoksukon, AcehGlobalnews.com — Pj Bupati Aceh Utara Azwardi, AP., M.Si melakukan panen perdana bersama petani budidaya tanaman bawang merah di Gampong Ulee Geudong, Kecamatan Sawang, Aceh Utara, Kamis (15/9/2022).

Panen perdana tanaman bawang merah hasil uji coba dilahan yang selama ini digolongkan sebagai lahan tidur yang tidak ditanami palawija membentang lereng perbukitan gampong terebut. Kini, hampir 25 haktare luas lahan disulap bersama Penyuluh Pertanian jadi lahan produktif dan menarik bagi rencana pengembangan investasi BUMG setempat.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Area tanaman bawang merah, baru kali ini ditanam oleh petani. Bawang merah bibit unggul bersertifikat tersebut ditanam di lahan seluas dua hektare yang berada di dua lokasi yang berdekatan.

Baca Juga :   Sekda Aceh Minta Keuchik Bertanggungjawab Memastikan Warganya Divaksin

Maulidin, Geuchik Gampong Ulee Geudong, dihadapan Pj Bupati Aceh Utara Azwardi, memaparkan bahwa total luas lahan yang sedang dipersiapkan untuk lokasi penanaman bawang merah dan jagung seluas 25 hektare dari 70 hektare lahan yang tersedia di gampong tersebut.

“Budidaya tanaman ini ditanam di lahan yang baru dibuka, kami juga baru pengalaman pertama kali tanam bawang merah,” ujar Maulidin.

“Kendalanya, yaitu hujan dalam masa penanaman perdana sehingga PH (keasaman air) tanah rendam, ini yang mengundang jamur pada tanaman bawang, namun kendala ini bisa diatasi dengan penanganan yang tepat,” ungkap penyuluh dari Dinas Pertanian dan Pangan Aceh Utara.

Pada kesempatan yang sama, Pj Bupati Aceh Utara Azwardi Abdullah mengapresiasi upaya pemberdayaan ekonomi sektor pertanian yang dilakukan warga Gampong Ulee Geudong.

Baca Juga :   LSM JARA: Tindak Tegas Pelaku Pelanggaran Syariat Islam di Aceh Tengah

“Ini lahan sudah ada, bagaimana bisa tetap produktif, maka harus terus dilakukan pendampingan. Bawang merah ini merupakan hasil pertanian di Kecamatan Sawang,” ujar Azwardi.

Azwardi Meminta Geuchik untuk memanfaatkan dana gampong untuk pengembangan ekonomi dan kemandirian gampong.

“Dana Desa untuk pemberdayaan ekonomi seperti pengadaan bibit. Desa ini bisa menjadi pilot project hortikultura. Tetapi harus fokus dan ada rencana strategis ke depan kalau dikelola secara profesional Insya Allah tidak rugi,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Azwardi mengatakan bahwa salah satu cara meyakinkan masyarakat agar mau bercocok tanam bawang merah adalah dengan bukti keberhasilan tahap pertama.

Baca Juga :   DPRK Aceh Utara Minta Pj Bupati Tindak Tegas Pejabat Daerah yang Ikut Seleksi MPD

“Kalau ada hasil baru masyarakat yakin, hasilnya nanti bisa dikelola BUMG, keuntungan bisa untuk pengembangan usaha, yang penting tetap semangat mengelola lahan yang sudah dibuka, Dinas kita arahkan membantu, yang penting fokus pada pertanian,” lanjut Azwardi.

Pj Bupati berharap keberadaan BUMG yang ada di gampong bisa menyuplai kebutuhan masyarakat di Aceh Utara terutama di saat inflasi.

“Ini juga mendukung program Pemerintah, jadi Pemerintah daerah berkewajiban menjaga ataupun menekan inflasi di daerah. Kita berharap upaya yang kita lakukan, yaitu setiap kecamatan setiap gampong, kita gerakkan pertanian yang ada di gampong, salah satunya seperti tadi kita menyerahkan bibit bawang merah kemudian untuk meningkatkan SDM petani dilakukan melalui penyuluhan,” tutur Azwardi. (*)