Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Daerah

Pemkab Asel Gelar Upacara Peringatan Hari Otda ke-27 dan Hardiknas 2023

668
×

Pemkab Asel Gelar Upacara Peringatan Hari Otda ke-27 dan Hardiknas 2023

Sebarkan artikel ini
Sekda Aceh Selatan, Cut Syazalisma S.STP menyampaikan pidato amanat Mendagri dan Mendikbudristek dalam upacara peringatan hari Otda ke-27 dan Hardiknas 2023 di di halaman Kantor Bupati Lama, Selasa (2/5/2023). Foto: Muzakir/Acehglobalnews

“Selama ini, otonomi daerah telah memberikan dampak positif, dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka indeks pembangunan manusia (ipm), bertambahnya PAD, dan kemampuan fiskal daerah,” ucap Sekda.

Reporter : Muzakir

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

TAPAKTUAN – Pemerintah Kabupaten Aceh Selatan (Pemkab Asel) menggelar upacara peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke-27 yang berlangsung di halaman Kantor Bupati Lama, Selasa (2/5/2023).

Upacara yang dirangkai sekaligus dengan Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 itu turut dihadiri oleh Forkopimda Plus, Asisten Setdakab, Staf Ahli Kepala Daerah, Kepala SKPK, Kabag Setdakab, Camat Tapaktuan,

Pimpinan Instansi Vertikal, Organisasi, Pejabat Eselon III dan IV di Lingkungan Pemkab Aceh Selatan, Siswa/siswi dan Insan Pendidikan, Insan Pers, dan Undangan Lainnya.

Dalam pidatonya Mendagri, Tito Karnavian dan Mendikbudristek, Nadiem Anwar Makarim, yang dibacakan oleh Sekda Aceh Selatan, Cut Syazalisma S.STP menegaskan, esensi filosofis dari otonomi daerah adalah desentralisasi kewenangan, agar daerah mencapai kemandirian fiskal, salah satunya dengan menggali potensi sumber daya untuk meningkatkan pendapatan asli daerah (pad), serta memacu percepatan dan pemerataan pembangunan.

“Selama ini, otonomi daerah telah memberikan dampak positif, dibuktikan dengan adanya percepatan pembangunan yang ditandai dengan meningkatnya angka indeks pembangunan manusia (ipm), bertambahnya PAD, dan kemampuan fiskal daerah,” ucap Sekda.

Melalui program peningkatan pembangunan produk dalam negeri (P3DN), lanjut Sekda, pemerintah berupaya untuk mendorong masyarakat agar lebih menggunakan produk dalam negeri, dalam rangka pemulihan ekonomi nasional, pemerintah juga menargetkan pada tahun 2023, angka stunting anak turun menjadi 17 persen secara nasional.

Disamping itu juga, katanya, dalam peringatan Hari Pendidikan Nasional, Pemerintah melalui Mendikbudristek telah meluncurkan 24 episode Merdeka Belajar, hal ini bertujuan untuk membawa kita semakin dekat dengan cita-cita Ki Hajar Dewantara, yaitu mewujudkan Pendidikan yang menentukan bakat, minat, dan potensi peserta didik, agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan yang setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan anggota masyarakat.

“Hadirnya platform “Merdeka Mengajar”, yang memberikan ruang untuk bebas berinovasi di kelas, serta mendorong pengembangan karakter dan kompetensi tenaga pendidik, hal itu berdampak pada seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang difokuskan pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar,” terang Cut Syazalisma.

Ditambahkannya, para mahasiswa yang dulu hanya belajar teori dalam kelas, sekarang bisa mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program “Kampus Merdeka”, para kepala sekolah dan kepala daerah juga dapat melakukan data “Asesmen Nasional” di platform “Rapor Pendidikan”, untuk melakukan perbaikan kualitas layanan Pendidikan, di wilayahnya masing-masing.

“Bersama-sama kita telah membuat sejarah baru dengan Gerakan Merdeka Belajar, Transformasi yang massif ini sudah sepatutnya disyukuri, karena semuanya adalah hasil dari kerja keras dan kerjasama kita semua,” tutur Sekda Cut Syazalisma.

Adapun susunan para pelaku upacara yakni, yang bertindak Inspektur Upacara adalah Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Selatan Cut Syazalisma, S.STP, Perwira Upacara Kepala Dinas Pendidikan Aceh Selatan Akmal AH, S.Pd, Komandan Upacara Denny Safputra, S.STP, Pembaca Sejarah Singkat Otda Aijeal Mushawir, S.STP, dan Pembaca Doa Kemenag Aceh Selatan H. Dailami Hasmar, S.Ag. (*)

Editor : Salman

Baca Juga :   Pengurus DPD RKCA Aceh Barat Resmi Dilantik