Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Pendidikan

Hardiknas 2023, Kakankemenag Aceh Utara Ajak Gelorakan Semangat Merdeka Belajar

290
×

Hardiknas 2023, Kakankemenag Aceh Utara Ajak Gelorakan Semangat Merdeka Belajar

Sebarkan artikel ini

LHOKSUKON – Setiap tanggal 2 Mei, masyarakat di Indonesia merayakan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas). Tentu, masyarakat sudah tidak asing lagi dengan sosok pelopor pendidikan di Indonesia, yakni Ki Hadjar Dewantara.

Hari Pendidikan Nasional pada tanggal 2 Mei tersebut, setiap tahunnya sebagai peringatan terhadap perjuangan Ki Hajar Dewantara dalam mendirikan Taman Siswa bagi penduduk pribumi agar mendapatkan pendidikan yang setara dengan bangsawan.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Aceh Utara menggelar upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tahun 2023 yang dipimpin langsung oleh Pj Bupati Aceh Utara Azwardi, AP.,M.Si di lapangan kantor Bupati setempat, Selasa (02/5/2023).

Baca Juga :   Aceh Tempati Lima Besar Nasional Terbanyak Penerimaan Siswa SNMPTN 2022

Dalam amanatnya, Pj Bupati Aceh Utara, Azwardi membacakan pidato Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi RI, Nadiem Anwar Makarim, untuk melanjutkan kurikulum Merdeka Belajar hingga seluruh pelosok Indonesia.

“24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan membawa kita semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hadjar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntun bakat, minat, dan potensi peserta didik,”katanya.

Baca Juga :   PNL dan BPSDM Aceh Teken Kerjasama Pendidikan

Orang nomor satu di Aceh Utara itu melanjutkan, sejalan dengan Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, seleksi masuk perguruan tinggi negeri pun sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan benalar.

Rangkaian upacara berlangsung khidmat dan tertib mulai dari penghormatan, pengibaran bendera merah putih, pembacaan teks Pancasila, pembacaan teks UUD 1945 hingga do’a.

Peserta upacara terdiri dari Sekda Aceh Utara Dr A Murtala, MSi, para Staf Ahli Bupati, para Asisten, para Kepala SKPK, Kakankemenag Aceh Utara, para Camat, dan Kabag Setakab, serta para Kepala Sekolah, para guru, dan para pimpinan organisasi profesi guru dan pegiat LSM pendidikan.

Baca Juga :   Lulus Program IIVOSMA, 4 Mahasiswa PNL Raih Kesempatan Belajar ke USA dan Eropa

Kepala Kankemenag Aceh Utara Drs. H. Maiyusri, M.Ag, yang turut hadir dalam upacara tersebut berharap semangat dalam mengimplementasikan kurikulum merdeka belajar ini tetap kuat khususnya pelaksanaannya di Madrasah di bawah naungan Kemenag Aceh Utara.

“Jadikan Hari Pendidikan Nasional sebagai momentum untuk serentak bergerak demi mewujudkan merdeka belajar dalam rangka mendidik putra-putri kami menjadi pelajar Pancasila sejati,” tegasnya. (*)

Editor : Salman