Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaDaerah

Peringati 1 Muharram 1445 H, Pj Bupati Abdya Santuni 2.124 Anak Yatim

438
×

Peringati 1 Muharram 1445 H, Pj Bupati Abdya Santuni 2.124 Anak Yatim

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Abdya H Darmansah didampingi Sekda Salman Alfarisi menyerahkan secara simbolis bantuan kepada anak yatim di masjid Agung Baitul Ghafur, Selasa (18/7/2023) malam. Foto: Acehglobal/Salman.

BLANGPIDIE – Pemerintah Kabupaten Aceh Barat Daya (Pemkab Abdya) menggelar acara peringatan 1 Muharram 1445 Hijriah, yang berlangsung di Masjid Agung Baitul Ghafur, Desa Seunaloh, Kecamatan Blangpidie, Abdya, Selasa (18/7/2023) malam.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Ubaidilah S.Ag, menyampaikan kegiatan peringatan pergantian tahun Islam tahun ini diikuti oleh para ASN SKPK dalam lingkup Pemkab Abdya dan masyarakat.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

“Alhamdulillah, para ASN dan para tamu yang kita undang telah hadir mengikuti acara memperingati 1 Muharram 1445 Hijriah pada malam ini,” kata Ubai yang menjabat Kadis Syariat Islam Aceh Barat Daya.

Ubaidillah menambahkan, peringatan tahun Baru hijriah tahun ini juga dirangkai dengan penyantunan terhadap anak yatim yang bersumber dari anggaran Pemkab Abdya melalui Dinas Sosial Abdya.

Dalam sambutannya, Pj Bupati Abdya H Darmansah SPd, MM, menuturkan pada peringatan 1 Muharram 1445 Hijriah ini, Pemkab Abdya turut menyalurkan bantuan kepada 2.124 anak yatim yang ada di kabupaten Abdya.

Baca Juga :   Pemerintah Aceh Harapkan HIPMI Tingkatkan Ekonomi Daerah

“Sesuai data terakhir kami ulangi lagi bahwa data anak yatim di Kabupaten Aceh Barat Daya pada 9 Kecamatan dalam 152 desa jumlahnya 2.124 orang,” sebutnya.

Tahun ini, lanjut Pj Bupati, Pemkab Abdya telah menyediakan anggaran khusus sebesar Rp 2 milyar lebih untuk anak yatim. Dana tersebut ditransfer langsung ke rekening penerima untuk tahap pertama selama 6 bulan senilai Rp 600.000 dan sisanya lagi tahap kedua Rp 600.000.

“Anggaran ini kita desak segara dicairkan mengingat tahun ajaran baru bagi anak-anak sekolah. Mudah-mudahan dengan bantuan dari pemerintah Abdya ini dapat dipergunakan untuk keperluan sekolah,” ujar Darmansah.

Pada peringatan 1 Muharram 1445 Hijriah ini, Pj Bupati berpesan memasuki tahun baru Islam agar semua kita bisa instrospeksi diri dan melakukan perubahan dengan terus meningkatkan ibadah serta menambah ketakwaan kepada Allah SWT.

Baca Juga :   Mahasiswa KKN 4 Kampus Ternama di Aceh Cetus Inovasi Unik Urai Sampah Organik dari Maggot

“Salah satu perubahan yang kita harapkan paling tidak bagi kita para PNS, yaitu mempermudah urusan orang lain, karena sikap tersebut adalah salah bentuk rasa syukur kita kepada Allah SWT,” katanya.

Kemudian, Darmansah juga berpesan momentum pergantian tahun baru Islam harus dijadikan lembaran baru untuk berbaik sangka kepada orang lain.

“Kalau tahun lalu kita sering mempersulit urusan orang, maka tahun baru hijriah ini kita harus permudah urusan orang lain,” ujarnya.

“Kalau tahun lalu, kita berburuk sangka kepada orang lain, maka mulai hari ini tahun baru Islam ini mari kita berbaik sangka kepada orang lain,” tambah Darmansah.

Pj Bupati kembali mengingatkan, bahwa lembaran baru tahun Islam ini untuk menghilangkan sikap saling tuding menuding dan saling menyalahkan atas kekurangan diri orang lain. Seharusnya sebagai hamba Allah, kata Darmansah, manusia harus saling memaafkan karena sesungguhnya manusia itu tidak ada yang sempurna.

Baca Juga :   Antar Bacaleg ke KIP, Partai Aceh Nagan Raya Optimis Pertahankan Kursi Pimpinan DPRK

“Jika kekurangan itu saling kita lengkapi, Insyaallah akan menjadi lebih baik, tetapi sebaliknya jika kekurangan orang kita beberkan, selalu kita salahkan, maka tidak akan nampak sedikit pun kebaikan orang lain di mata kita,” ungkapnya.

“Meskipun itu sulit untuk dilakukan, akan tetapi kita harus yakin pada peringatan 1 Muharram malam ini mudah-mudahan di hati kita tumbuh suatu kesadaran untuk terus berbuat yang terbaik kepada orang lain,” tutur Pj Bupati Darmansah.

Acara peringatan tahun baru 1445 hijriah di Masjid Agung ini ditutup dengan siraman rohani yang disampaikan penceramah agama oleh Ustad H. Gamal Akhyar Lc, M.SH dari Banda Aceh.

Turut hadir Sekda Abdya Salman Alfarisi, para Kepala SKPK, Para Camat, Wakapolres beserta anggota kepolisian, Dandim mewakili, Kajari mewakili, Kakankemenag Abdya, Ketua MPU, MPD, MAA, jajaran Baitul Mal Abdya, masyarakat, serta para tamu undangan lainnya. (*)

Editor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *