Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
BeritaEkonomi

Pj Bupati Aceh Utara Dorong Literasi Keuangan dan Optimalisasi Produk BSI

358
×

Pj Bupati Aceh Utara Dorong Literasi Keuangan dan Optimalisasi Produk BSI

Sebarkan artikel ini
Pj Bupati Aceh Utara, Mahyuzar, bersua foto bersama manajemen Bank BSI pada kegiatan sosialisasi program dan produk jasa keuangan Bank Syariah Indonesia (BSI) di Pendopo Bupati setempat, Selasa (5/9/2023). Foto: Acehglobal/Ist.

LHOKSUKON – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Utara, Dr. Drs. Mahyuzar, M.Si., turut menghadiri kegiatan sosialisasi program dan produk jasa keuangan yang dilaksanakan oleh manajemen Bank Syariah Indonesia (BSI), Selasa (5/9/2023).

Kegiatan yang diinisiasi oleh Bank BSI Cabang Lhoksukon ini berlangsung di Pendopo Bupati Aceh Utara di Lhokseumawe.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dalam sambutannya, Mahyuzar menyampaikan apresiasi kepada jajaran pimpinan Bank BSI atas dilaksanakannya sosialisasi program dan produk BSI untuk pejabat dan ASN jajaran Pemkab Aceh Utara.

“Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan geliat perekonomian di daerah ini, khususnya dalam memanfaatkan jasa keuangan dan perbankan,” kata Mahyuzar.

Mahyuzar juga menekankan pentingnya literasi keuangan kepada masyarakat, ASN, dan pejabat daerah. Menurutnya, literasi keuangan dapat meningkatkan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang pentingnya mengelola keuangan secara bijak.

Baca Juga :   53 KK di Gampong Cot Jeurat Blangpidie Terima BLT DD September

“Literasi keuangan perlu dilakukan dengan fokus pada tiga aspek, meliputi peningkatan edukasi keuangan melalui sosialisasi, penguatan infrastruktur keuangan, dan pengembangan produk jasa keuangan,” kata Mahyuzar.

Dikatakan, Kabupaten Aceh Utara memiliki 852 desa, terdiri dari 27 kecamatan, serta memiliki 33 Organisasi Perangkat Daerah (OPD). Juga memiliki jumlah ASN lebih dari 8.000 orang, ditambah lagi sekitar 3.000 tenaga honorer.

“Ini adalah potensi yang mungkin bisa dimanfaatkan oleh manajemen Bank BSI untuk mensosialisasikan produk-produk dan jasa layanan keuangan,” ungkap Mahyuzar.

Mahyuzar juga mengungkapkan pengalamannya memanfaatkan produk layanan tabungan emas yang ada pada perbankan maupun pegadaian. Menurutnya, tabungan emas merupakan salah satu instrumen investasi yang menguntungkan.

Baca Juga :   Dewan Dakwah Abdya Sesalkan Pernyataan Ketua DPRA terkait Qanun LKS di Aceh

“Nilai emas lebih bertahan, bahkan terus meningkat setiap tahun mengikuti laju inflasi,” kata Mahyuzar.

Sementara itu, Area Transaction Banking Manager BSI Lhokseumawe, Riza Nurdin, dalam pemaparannya turut memperkenalkan sejumlah program dan produk jasa keuangan yang telah diluncurkan dan dilaksanakan oleh manajemen Bank BSI.

Riza Nurdin mengatakan, pertumbuhan Bank BSI dalam satu tahun terakhir sangat signifikan, khususnya dalam wilayah Provinsi Aceh.

“Misalnya untuk BSI Smart Agen dalam area BSI Lhokseumawe pada 2022 tercatat 5.933 unit, sedangkan pada Juli 2023 telah mencapai 9.319 unit,” kata Riza Nurdin.

Riza Nurdin juga mengatakan, Bank BSI telah dipercaya oleh pemerintah untuk menyalurkan sejumlah program atau bantuan untuk masyarakat, seperti penyaluran KUR, Bansos, Beasiswa PIP Kemendikbud, PIP Kemenag, dan Bantuan Subsidi Upah (BSU).

Baca Juga :   DPRK Tetapkan Lima Anggota KIP Abdya, Ini Nama-namanya

“InsyaAllah manajemen BSI akan terus memberikan layanan terbaik untuk masyarakat Aceh,” kata Riza Nurdin.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh sejumlah pejabat Bank BSI, di antaranya Department Head Ministry Bank BSI Pusat Masni Salfinnia, Senior Relationship Manager Bank BSI Pusat Gery Abdel Gafar, pejabat dari BSI Region l Aceh Nasruddin, Area Transaction Banking Manager BSI Lhokseumawe Riza Nurdin dan Manager Cabang BSI Lhoksukon Arief Dermawan Anwar.

Dari jajaran Pemkab Aceh Utara, selain Pj Bupati Dr Drs Mahyuzar, MSi, juga hadir Asisten I Dayan Albar, SSos, MAP, Asisten II Ir Risawan Bentara, MT, para Kepala OPD, para Camat, Kabag, para pejabat pengelola keuangan setiap OPD, dan para pimpinan BUMD dalam Kabupaten Aceh Utara.(*)

Editor: Salman