Iklan - Scroll ke bawah untuk baca artikel
Sosok

Profil Letkol Kav Makhyar, Dandim 0103/Aceh Utara

326
×

Profil Letkol Kav Makhyar, Dandim 0103/Aceh Utara

Sebarkan artikel ini
Tampak Dandim 0103/AUT Letkol Kav Makhyar, S.T., M.M., M.H.I. berjalan bersama isteri Raena Maidelsa, S.T. yang juga Ketua Persit Kartika Candra Kirana Cab. XX Kodim 0103 Koorcab Rem 011 PD Iskandar Muda, saat acara lepas sambut Dandim lama dan baru di Markas Kodim setempat pada Senin (20/11/2023) lalu.

Aceh Utara, Acehglobal — Sebagaimana diketahui bahwa Danrem 011/Lilawangsa Kolonel Kav Kapti Hertantyawan, S.H. telah memimpin upacara serah terima jabatan (sertijab) sekaligus melantik Letkol Kav Makhyar, S.T., M.M., M.H.I. sebagai Komandan Kodim 0103 Aceh Utara (Dandim O103/AUT) yang baru menggantikan Letkol Inf Hendrasari Nurhono S.I.P., M.I.P.

Upacara sertijab Dandim 0103/AUT tersebut dilaksanakan di Aula Balai Teuku Umar Makodam Iskandar Muda, Banda Aceh, pada Jum’at (17/11/2023) lalu.

Advertisement
Scroll ke bawah untuk melanjutkan

Dalam acara sertijab Dandim 0103/AUT juga ikut digelar acara serah terima jabatan ketua Persit Kartika Candra Kirana Cab. XX Kodim 0103 Koorcab Rem 011 PD Iskandar Muda dari ibu Dina HS Nurhono kepada ibu Raena Maidelsa, S.T.

Profil Singkat Letkol Kav Makhyar

Letkol Makhyar lahir 45 tahun lalu tepatnya di Teupin Raya Kab Pidie pada Hari Senin, tanggal 27 Maret 1978 atau 18 Rabi’ul Akhir 1398 H. Beliau merupakan anak ke-2 dari 9 bersaudara dari pasangan Sya’ya Husein dan Maimunah Ismail. Kedua orang tuanya merupakan pensiunan guru sekolah dasar.

Baca Juga :   Meraih Gelar Doktor, Anak Petani Miskin di Abdya Patut di Tauladani

Menamatkan Sekolah Dasar di SDN No.3 Teupin Raya tahun 1991, SMPN Glumpang Minyeuk tahun 1994, SMA Negeri Beureunuen Tahun 1997, mendapat titel Sarjana Teknik pada Fakultas Teknik Jurusan Teknik Mesin Univ Syiah Kuala tahun 2002, memperoleh gelar Magister Manajemen pada Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tangerang Tahun 2020, serta mendapatkan titel Magister Hubungan International pada Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Jenderal Achmad Yani Bandung Tahun 2022.

Pria berdarah Aceh yang sempat nyantri di Pasantren Darussa’dah Pusat Teupin Raya ini dari sejak masa SMP, SMA sampai kuliah sudah sangat aktif berorganisasi, dari ketua OSIS sampai beberapa jabatan organisasi di dalam dan luar kampus pun pernah beliau pegang.

Baca Juga :   Menilik Kembali Heroisme Cut Nyak Dhien lewat Mahakarya Eros Djarot

Lulus pendidikan di Perwira Karier TNI pada tahun 2004, Sussarcab Kav tahun 2005, Diklapa II/Kav 2009, serta Dikreg 57 Seskoad tahun 2019. Sudah pernah bertugas di berbagai daerah di indonesia namun pasca lulus Seskoad langsung ditugaskan ke tanah kelahirannya di Kodam Iskandar Muda Aceh.

Pria yang beristrikan Raena Maidelsa, S.T. – putri pertama dari Bapak Hamzaini dan Ibu Susilawati – yang dinikahinya dengan upacara pedang pora di Gedung Sosial Banda Aceh pada tahun 2006 lalu. Dari pernikahan ini telah dianugerahi seorang putra bernama Muhammad Najwan (14) yang saat ini sedang menempuh pendidikan di salah satu pasantren di Lhokseumawe.

Pria yang rutin bermain tenis lapangan, sepak bola dan futsal serta memiliki keahlian ilmu bela diri pencak silat merpati putih yang sudah ditekuni dari sejak masa SMP sehingga walaupun sudah berusia hampir berkepala lima beliau masih memiliki fisik yang prima.

Baca Juga :   10 Tahun Simeulue Tak Punya Wakil di DPRA, AIU "Sang Anak Ulau" Siap Berjuang Ke DPRA

Kemampuan menembak tepat dan menembak reaksi juga salah satu keahlian yang dimiliki oleh perwira menengah ini, hal ini terlihat dari seringnya beliau dipilih dari kesatuannya untuk mengikuti ajang tahunan kejuaraan menembak piala KASAD.

Berikut adalah jenjang karir militer Letkol Kav Makhyar:

– Komandan Kodim 0103/AUT (November 2023)

– Kepala Seksi Teritorial Korem 011/Lilawangsa (Maret 2022)

– Pabandya BMN Slog Kodam IM (2019)

– Patih Kav Gol VI Timtih Rindam III/Siliwangi (2018)

– Wakil Komandan Batalyon 4 Kijang Sakti Kodam III/ Siliwangi (2015)

– Pabanda Mat Slogdam Kodam XVI/Pattimura (2014)

– Pasilog Kodim Kota Semarang Kodam IV/ Dipenogoro (2012)

– Batalyon Kavaleri 2 Turangga Ceta Kodam IV/ Diponegoro (2005) mulai Dari menjabat Komandan Peleton sampai dengan Komandan Kompi.(Ril)